Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 4, No 2 (2018): November

Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu

Putri Buchika Widamelia (Universitas Negeri Malang)
M Shodiq AM (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2018

Abstract

Pemahaman kosakata termasuk dalam hambatan komunikasi anak tunarungu. Hal tersebut mengakibatkan sedikitnya pemahaman kosakata anak tunarungu. Pada penelitian inimenggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Designs (nondesigns) dan bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media kamus Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata. Analisis data menggunakan dua jenis data yaitu Pre testyang nilai rata-ratanya 56,1 dan Post test dengan nilai rata-rata 91,6. Hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh nilai = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05 dan n = 6 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon dan diperoleh = 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa diterima dan ditolak, sebab Thitung (0)≤ Ttabel (2). Maka bisa dikatakan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata anak tunarungu.

Copyrights © 2018