KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 4 No 2 (2018)

PERAN PENDIDIKAN VOKASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN

Nur Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

Pendidikan vokasi adalah pendidikan yangmenunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu.Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji implementasipendidikan vokasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus(ABK) di sekolah regular guna menghadapi tantanganjaman. Dalam pembelajaran, anak berkebutuhankhusus memiliki karakter dan modalitas berbeda denganpeserta didik normal. Untuk itu, pendekatan, metode,teknik, dan taktik pembelajaran perlu disesuaikandengan kebutuhan belajar agar bermakna sesuai dengananak berkebutuhan khusus. Permendiknas Nomor 70tahun 2009. Pendidikan karakter dapat diwujudkandengan mengaktualisasikan nilai-nilai yang ada padadiri anak didik yang ditandai dengan pembelajaranramah anak. Implementasi pendidikan karakter padasekolah reguler ditandai dengan pembelajaran ramahanak, berempati, pembelajaran berpusat pada pesertadidik, dan pembelajaran sesuai dengan kebutuhanbelajar peserta didik. Sekolah perlu melakukan asesmenidentifikasi kebutuhan peserta didik, melengkapi saranaprasarana berbasis Anak Berkebutuhan Khusus danaksesabilitas sekolah ramah anak. Dengan demikiankurikulum, pembelajaran, interaksi, serta penilaianpembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhanpeserta didik berkebutuhan khusus. Inilah nilaikarakter yang sebenarnya, yaitu pembelajaran yangmenghargai peserta didik. Pembelajaran Keterampilandan Kecakapan Hidup Bagi Anak berkebutuhankhusus diperlukan oleh setiap individu dalam upayakelangsungan hidupnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

keluarga

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Keluarga merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Februari dan September. Redaksi menerima artikel ilmiah yang berupa penelitian empiris dan artikel konseptual. Naskah yang diterima hanya naskah asli belum ...