Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI RECIPROCAL TEACHING

HASAN SASTRA NEGARA (JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN RADEN INTAN LAMPUNG)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2017

Abstract

Pemahaman matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam prinsip pembelajaran matematika. Siswa dalam belajar matematika harus disertai dengan pemahaman, hal ini merupakan visi dari belajar matematika. Dilihat dari sisi pembelajaran, fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan hanya menekankan pada aspek pemahaman instrumental memang relatif lebih mudah, keadaan ini bisa berakibat para guru lebih senang dengan cara ini. Strategi pembelajaran reciprocal teaching merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep matematika terutama dalam pemahaman, koneksi dan komunikasi matematis. Di samping itu juga siswa dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga tercipta pola pikir konstruktif siswa dalam pemahaman dan menghubungkan suatu konsep matematika. Hal ini akan berakibat pada penguatan materi pembelajaran dan siswa lebih terkenang dalam pembelajaran

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...