cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 23551925     EISSN : 25808915     DOI : -
Core Subject : Education,
TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wishes to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at madrasah ibtidaiyah / elementary schools. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals.
Arjuna Subject : -
Articles 289 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA INTEGRATIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DIAN ANDESTA BUJURI; MASNUN BAITI
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 2 (2018): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.459 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v5i2.3173

Abstract

Teaching materials used so far are less integrative and contextual in learning, so that the impact on the achievement of learning outcomes that are not optimal is not even rare for students to obtain learning outcomes below the standard set. The purpose of this research is to make contextual approach-based development of integrative science teaching material in MI Nurul Haromain Kulon Progo. The method of this research is research and development. The research steps are potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, and final product. The subject of this reserach is fifteen students of fourth level students. The percentage of students’s learning success from the final product trial was obtained on the affective aspect 80% satisfying, on the cognitive aspects 86.66% satisfying, and on the skill aspects 83.33% satisfying. According to the research result, the researcher concluded that contextual approach-based development of integrative science teaching material be able to create active, effective, pleasent, meaningful, and functional learning which had an impact on students' satisfied learning success.
MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN PUTRANYA KE SEKOLAH SEPAKBOLA SELABORA DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA YUDESTA ERFAYLIANA
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 5, No 2 (2018): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.043 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v5i2.3449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi orang tua memasukkan putranya ke sekolah sepakbola Selabora di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variabel, yaitu motivasi orang tua. Metode yang digunakan menggunakan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua atau wali murid dari siswa di sekolah sepakbola selabora FIK UNY. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 84 orang tua atau wali murid dari siswa di sekolah sepakbola selabora FIK UNY dari sampel yang diambil secara sampling insidental. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata yang diperoleh sebesar 139,37 yang berada pada interval 133,69 s.d 144,78. Dengan hasil keseluruhan sebanyak 9 orang  (10,71%) orang tua masuk katagori sangat tinggi, sebanyak 15 orang (17,86%) orang tua masuk katagori tinggi, sebanyak 36 orang (42,86%) orang tua masuk katagori sedang, sebanyak 18 orang (21,43%) orang tua masuk katagori rendah dan sebanyak 6 orang (7,14%) orang tua masuk katagori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa  motivasi orang tua memasukkan putranya ke sekolah sepakbola Selabora di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta berada dalam kategori sedang sebanyak 36 orang tua (42,86%).
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI AKTIVITAS JELAJAH ALAM SEKITAR SEKOLAH (AJASS) BAGI ANAK TUNARUNGU TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) SEKOTA BANDAR LAMPUNG Oktaria Kusumawati; Agung Wahyu Nugroho
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.433 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.4777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran penjasorkes melalui AJASS bagi anak tunarungu tingkat SDLB. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan dari Borg Gall dengan langkah penelitian: 1) Pengumpulan informasi, 2) Analisis produk, 3) pengembangan produk awal, 4) Validasi pakar ahli, 5) Uji Coba Produk skala kecil (revisi), 6) Uji skala besar (revisi), 7) Produk Akhir. Subjek penelitian adalah Guru Penjasorkes SDLB sekota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data  dengan angket modul pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan AJASS yang layak digunakan. Hasil modul AJASS memiliki kelayakan yang sangat baik menurut pakar ahli bahasa 95,31%, pakar ahli materi 97,11%,  pakar ahli media 97,11%, dan pendidik 95,8%. Sehingga modul AJASS ini masuk dalam kategori “Sangat Baik” untuk digunakan oleh pendidik sebagai modul pegangan guru dalam mengajar . 
ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL SISWA USIA DASAR Ifat Nabilah; Iswatun Khoiriah; Suyadi Suyadi
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.663 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5184

Abstract

Perkembangan nilai agama dan moral siswa usia dasar sangat patut dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis perkembangan nilai agama dan moral anak usia dasar yang tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Subjek penelitiannya seorang peserta didik Kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung tercapainya nilai agama-moral anak pada subjek ada 4, yakni, internal diri anak, keluarga, sekolah dan lingkungan. Faktor tersebut harus saling mendukung, mengawasi, mengingatkan, membimbing, memberi contoh agar tercipta generasi bangsa yang taat beragama dan bermoral tinggi. Penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mendidik perilaku agama-moral anak didik usia sekolah dasar.
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES Lilis Setiawati
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.651 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5180

Abstract

Pembelajaran berbasis multiple intelligences membantu peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta keabsahan data melalui triangulasi. Teknik analisis  data mencakup reduksi  data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, Persiapan pembelajaran diawali dengan mengenali kecerdasan peserta didik melalui Multiple Intelligences Research (MIR) dan Orientasi Kematangan Peserta didik (OKS), kemudian menyusun RPP/lesson plan. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan apersepsi dan motivasi (alfa zona, scene setting, pre-teach dan warmer), dilanjutkan dengan kegiatan berbasis multiple intelligences yang mencakup sembilan jenis kecerdasan. Ketiga, penilaian pembelajaran, menggunakan penilaian autentik mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik.
IMPLEMENTASI MODEL LEARNING START WITH A QUESTION STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA SEKOLAH DASAR Tika Meldina
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.237 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5138

Abstract

Kurikulum 2013 identik dengan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Pendekatan saintifik ini merupakan impelementasi langkah 5M yaitu Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan. Kegiatan bertanya menjadi salah satu stimulus yang tidak kalah penting untuk menyalurkan rasa ingin tahu siswa karena bertanya merupakan proses awal dalam berfikir. Salah satu strategi yang bisa guru gunakan untuk menstimulus keterampilan bertanya siswa adalah dengan menggunakan model Learning Start with a Question (LSQ). Penulis mengumpulkan beberapa literatur yang berkaitan dengan strategi ini. LSQ memberikan ruang bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai topik-topik yang tidak mereka pahami, dimana sebelumnya mereka telah membaca dan mempelajari materi tersebut terlebih dahulu. Strategi LSQ ini bisa direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa.
ANALISIS PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR Baiq Arnika Saadati; Muhamad Sadli
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.848 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.4829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan budaya literasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Kauman Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan verification. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Proses pengembangan budaya literasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan pengembangan budaya literasi, diwujudkan dalam bentuk perumusan tujuan, perumusan program, perumusan strategi, dan pengelolaan sarana dan prasarana. (2) implementasi pengembangan budaya literasi. Implementasi pengembangan budaya literasi terdiri dari proses pembiasaan, pengembangan, dan pengajaran. (3) evaluasi dilaksanakan berupa evaluasi mingguan, bulanan, dan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pengembangan budaya literasi dapat meningkatkan kegemaran, ketertarikan, dan minat membaca pada siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Afri Mardicko; Hidayatullah Hidayatullah; Taqiyuddin Alkah
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.42 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5314

Abstract

Model pembelajaran tipe TPS merupakan model belajar yang berperan sebagai pembantu pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa bisa diberi kesempatan berpikir dan bekerja bersama-sama. Model kooperatif ini bertujuan untuk mencapai tujuan dan keterampilan mengajar siswa bagaimana menyelesaikan masalah matematis dan menumbuhkan sikap menyukai matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe TPS pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis probabilitas (sig) = 0,569    α (0,05),   maka H0  diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperiment dengan kelas control yang berarti bahwa model pembelajaran tipe TPS ini tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
FLIP BUILDER : PENGEMBANGANNYA PADA MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Teguh Yunianto; Hasan Sastra Negara; Suherman Suherman
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.645 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5056

Abstract

Perkembangan teknologi dalam era revolusi industri menghendaki adanya inovasi pengembangan media pembelajaran. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan respon pendidik terhadap media pembelajaran berbasis flip builder materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan jenis model Borg and Gall yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi sebesar 85,15% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 71,66% dengan kategori layak. Ujicoba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 88,26 % dan hasil uji coba kelas besar dengan nilai rata-rata 89,32 % dengan kriteria interpretasi sangat menarik. Sehingga media pembelajaran berbasis flip builder layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
PENGEMBANGAN SOFTSKILL TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN E-MODUL BAGI GURU SEKOLAH DASAR Kuncahyono Kuncahyono; Maharani Putri Kumalasani
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 6, No 2 (2019): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.741 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v6i2.5272

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu mitra dalam meningkatkan kompetensi dan digital skill guru sekolah dasar Muhammadiyah 5 Malang sebagai upaya penerapan digitalisasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan participatory action  research (PAR). Metode kegiatan ini dilakukan berbasis riset dengan cara 1) melakukan sosialisasi dan workshop digitalisasi pembelajaran, 2) penyusunan aplikasi e-modul berbasis komputer, 3) implementasi produk e-modul dalam pembelajaran. Hasil kegiatan berbasis riset yaitu 1) menghasilkan produk aplikasi e-modul yang mampu meminimalisir penggunaan kertas (paperless) baik untuk mengemas materi pembelajaran, maupun dalam penggunaan kertas soal-soal ujian, 2) peningkatan hasil pretest dan posttest dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan e-modul. Hasil akhir menunjukkan sebagai produk akhir dari pembuatan media e-modul  yaitu produk media e-modul  dan Implementasi media e-modul  (modul digital) pada pembelajaran. Guru-guru dapat mengimplementasikan produk e-modul (modul digital) yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dan direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Page 1 of 29 | Total Record : 289