IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Vol 4, No 2 (2019): IJCIT November 2019

Analisis Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik

miftah Rakhmadian (IKIP Budi Utomo Malang)
Putri Vina Sefaverdiana (IKIP Budi Utomo)
Nur Rahman (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan bagi mahasiswa terhadap niat untuk menggunakan sistem informasi akademik di IKIP Budi Utomo Malang baik secara parsial maupun secara simultan, kemudian mencari diantara faktor persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan manakah faktor yang paling dominan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t untuk mengetahui pengaruh antar variable secara parsial, dan uji F untuk mengetahui pengaruh antar variabel secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel niat untuk menggunakan. Hasil lain menunjukan bahwa variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh secara parsial terhadap sikap terhadap penggunaan. persepsi kemanfaatan dan Persepsi kemudahan penggunaan dan secara simultan memberi pengaruh kepada niat untuk menggunakan sistem informasi akademik untuk mahasiswa dengan kontribusi sebesar 36%. Persepsi kemanfaatan memberi pengaruh lebih dominan dibanding persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat untuk menggunakan sistem informasi akademik untuk mahasiswa di IKIP Budi Utomo Malang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijcit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IJCIT Terbit pertama kali pada Bulan Mei Tahun 2016. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media publikasi hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian pada bidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Terbit secara berkala 2 (dua) kali ...