Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM)
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) (DOAJ Indexed)

Penulisan Karya Ilmiah dalam Pengembangan Profesi Guru di SMPN Sentani Kabupaten Jayapura

Epiphani I.Y Palit (Universitas Cenderawasih)
Ida Mariati Hutabarat (Unknown)
Monika Gultom (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah merupakan salah satu upaya untuk pengembangan profesi guru di SMPN 2 dan SMPN 7 Sentani. Pelatihan ini bertujuan untuk (1) membekali kepada guru dalam hal menyusun karya tulis ilmiah secara benar sesuai dengan pedoman penulisan, (2) membekali guru dalam prosedur publikasi karya tulis ilmiah dalam jurnal, dan (3) membekali guru dalam menganalisis data menggunakan software SPSS. Metode yang digunakan untuk menjawab tujuan tersebut adalah dalam bentuk ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan latihan / praktek. Peserta yang telah mengikuti pelatihan nantinya akan mempraktekkan langsung hasil pelatihan yang mereka dapatkan serta membuat karya tulis ilmiah dengan pendampingan dari TIM PKM sehingga peserta dapat membuat karya tulis ilmiah dengan baik. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM dirasakan oleh TIM maupun peserta pelatihan sangat memuaskan. Dengan indikator kedatangan peserta dalam setiap pertemuan dan antusias peserta. Faktor pendukung terlaksananya kegiatan PKM ini adalah ketersediaan sumber daya dari TIM, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah tempat penyelenggaraan, dan dana pendukung dari Kemenristek Dikti.

Copyrights © 2019