Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 5, No 2 (2018): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

STUDI IMPLEMENTASI MODEL LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

melati utami (FKIP Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (FKIP Universitas Sriwijaya)
emil el faisal (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu satu kepala sekolah, dan dua guru mata pelajaran PPKn yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, dalam hal ini adalah guru yang memang ahli dalam menerapkan model lesson study. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa implementasi model lesson study berbasis sekolah pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara sudah baik, hal ini terbukti sesuainya tahap-tahapan lesson study yang sudah diterapkan  guru di kelas, seperti tahap Plan (perencanakan) guru sudah baik dalam merencanakan pembelajaran, Do (pelaksanaan) guru model sudah baik dalam mengajar, See (refleksi) kepala sekolah dan guru observer sudah baik dalam menyampaikan saran positif. Kata kunci: Implementasi, Lesson Study, PPKn

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...