Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018

Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Tarwiyah, Tarwiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan mulai SD/MI mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, dan generalisasi yang berkaitan dengan fenomena alam serta kehidupan makhluk. Tujuan penelitian mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar IPS dengan metode contekstual teaching and learning (ctl) pada siswa Kelas VI Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di SDN 3 Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2016/2017 di SDN 3 Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, yang berjumlah yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis yang dipakai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada akhir siklus I siswa tuntas mencapai 25 siswa (78%), sedangkan pada akhir siklus II mencapai 29 siswa (91%). Kenaikan atau peningkatan ketuntasan belajar adalah sebanyak 4 siswa atau 13%. Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa penggunaan metode contekstual teaching and learning dalam pembelajaran, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa Kelas VI Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di SDN 3 Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...