cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 455 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Snowball Throwing Ratriani, Ratriani
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.725 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.22

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebenarnya merupakan mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan kehidupan anak sehari-hari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas IV SDN 1 Kelutan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian siswa tuntas pada siklus I adalah 28 siswa (80%), sedangkan siswa tuntas pada siklus II sebanyak 32 siswa (91%). Dengan demikian peningkatannya sebanyak 4 siswa (11%). Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 78 dan pada siklus II mencapai 82. Dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 4 poin (5%).
Penerapan Pendekatan Contekstual Teaching adnd Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Mudjiatun, Mudjiatun
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.886 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.14

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas VIII A pada waktu pembelajaran IPS diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 11 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau > 70, sedangkan 22 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau < 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Kondisi Fisik Wilayah Indonesia tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswu guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi. maupun Model yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Kondisi Fisik Wilayah Indonesia serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Rumusan masalah penelitian ini : (a) Bagaimana penerapan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi Kondisi fisik wilayah Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung ? (b) Apakah penerapan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi Kondisi fisik wilayah Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (c) Bagaimana hasil pembelajaran Kondisi fisik wilayah Indonesia dengan menggunakan Pendekatan Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 60,6% dan pada siklus II 87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Kondisi Fisik Wilayah Indonesia melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Oleh karena itu guru menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPS pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia agar Prestasi belajar siswa meningkat.
Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Subagyo Subagyo
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.233 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.23

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang menempati posisi vital dalam pembentukan watak, karakter, dan kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Subjek penelitian Siswa yang dipergunakan sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI NKPI B di SMKN 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek. Pada semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Hasil menunjukkan siswa yang mencapai kategori sangat baik sebanyak 8 siswa (27%), Siswa yang mencapai kategori baik sebanyak 5 siswa (17%), Siswa yang mencapai kategori cukup sebanyak 11 siswa (37%). Siswa yang mencapai kategori kurang sebanyak 6 siswa (20%), Modus pada tahap pra siklus adalah nilai 75-80 sebanyak 11 siswa (37%). Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keatifan belajar pada siswa
Penerapan Metode Smart Games dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat pada Siswa SMP Pujiati Pujiati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.194 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX B. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Smart Games untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Operasi Bilangan Bulat siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Operasi Bilangan Bulat melalui Metode Smart Games dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Tulungagung dan dapat mempermu-dah siswa dalam menyelesaikan per-soalan Operasi Bilangan Berpangkat. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Smart Games dalam pembelajaran Matematika pada materi Operasi Bilangan Bulat agar Hasil belajar siswa meningkat.
Peningkatan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku melalui Model Problem Based Learning Suminar, Citra
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.847 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.28

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan peningkatan hasil belajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 01 Kabupaten Blitar. Aktivitas guru meningkat dari siklus I dengan rata-rata persentase 80% menjadi 98% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata persentase 74% menjadi 86% pada siklus II. Peningkatan nilai akhir&nbsp; siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 72% meningkat pada siklus II menjadi 88%.
Penerapan Metode Smart Games dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Berpangkat Nanik Endarwiyani
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.731 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX B. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Operasi Bilangan Berpangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Smart Games untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Operasi Bilangan Berpangkat siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 87,9%.
Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Metode Jaritmatika Ninik Sulistyaningsih
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.517 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.24

Abstract

Pembelajaran matematika pada dasarnya dinilai seb gai pelajaran yang dinilai sulit sipelajari, selain itu pembelajaran yang biasa dipergunakan hanya sebatas memberikan teori sederhana. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaraan obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian dengan metode jarimatika pada Siswa Kelas II Semester II tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa kelas II SDN 1 Sambireko Trenggalek yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika dalam proses pembelajaran Matematika kelas II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Meningkatnya prestasi belajar siswa ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 62,61. Jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 12 siswa (52.74 %), pada siklus I rata-rata prestasi belajarnya menjadi 71,74 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 16 siswa (69,57 %), pada siklus II prestasi belajarnya meningkat menjadi 81,74 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 20 siswa (86,96 %).
Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Baris Suntoro Suntoro
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.12 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.16

Abstract

Dalam rangka meningkatkan Ketrampilan Menulis Bahasa Indonesia yang memuat Menulis Iklan Baris pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Tulungagung, Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Think Pair Share pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX A pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia diperoleh hasil bahwa Ketrampilan Menulis siswa kurang memuaskan, yaitu dari 30 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 20 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Think Pair Share dapat meningkatkan Ketrampilan Menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang memuat Menulis Iklan Baris.
Peningkatan Kinerja Pengajaran PAKEM Guru SDN Gugus 3 Kecamatan Puncu melalui Teknik Pembinaan Individu Sumari, Sumari
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.27

Abstract

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi di atas minimal ada tiga kegiatan yang harus dilaksanakan pengawas yakni: melakukan pembinaan pengembangan kinerja guru-guru SDN gugus 3 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dalam kegiatan sekolah, kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja seluruh staf sekolah, melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program sekolah beserta pengembangannya, melakukan penilaian terhadap proses dan hasil program pengembangan sekolah secara kolaboratif dengan stakeholder sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskrispsikan peningkatan kinerja guru-guru sdn gugus 3 kecamatan puncu kabupaten kediri dalam kegiatan pembelajaran pakem guru-guru sdn di kecamatan puncu kabupaten kediri melalui teknik pembinaan individu. Berdasarkan hasil temuan, pembinaan pribadi (pembinaan individu) dapat meningkatkan kemampuan guru kelas V SDN di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dalam pembelajaran pakem yang berkinerja guru-guru SDN gugus 3 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dalam kegiatan.
Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Siti Rohmawati
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.992 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v2i1.29

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembeljaran model tanya jawab. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Kota Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lember observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode tanya jawab memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus yaitu:siklus I (81,25%), siklus II (87,5%), siklus III (93,75%).

Page 1 of 46 | Total Record : 455