Jurnal Jalan Jembatan
Vol 20 No 4 (2003)

The critical and average static contact stress

fried, Sieg (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Dalam perencanaan perkerasan menggunakan metoda analitis, salah satu param eter yang digunakan adalah tegangan kontak antara permukaan jalan dengan ban kendaraan. Pada umumnya metoda analitis mengasumsikan bahwa tegangan kontak adalah seragam sepanjang luas kontak dan besarnya sama dengan beban dibagi dengan luas kontak. Tegangan kontak kritis adalah tegangan yang terjadi apabila hanya ada satu chipping didalam luas kontak, sedangkan tegangan kontak rata-rata merupakan tegangan kontak yang terjadi pada pusat luas kontak dimana didalam luas kontak terdapat beberapa chipping. Percobaan dilakukan untuk mengukur tegangan kontak kritis dan tegangan kontak rata-rata dengan berbagai variasi beban, tekanan ban, dan tinggi chipping. Didapat bahwa tegangan kontak kritis jauh lebih besar dari tegangan kontak rata-rata. Selain itu sumbangan tekanan ban juga sangat signifikan terhadap tegangan kontak dibandingkan dengan beban. Tulisan ini menerangkan secara detail mengenai tegangan kontak kritis dan tegangan kontak rata-rata yang diukur secara statis.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...