EMPATI
Vol 3, No 2 (2016): Empati

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS X TT SMK NEGERI 3 PEKALONGAN

Ana Rizki Amalia Putri (Unknown)
Anton Sukarno (Unknown)
G. Rohastono Ajie (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar afektif siswa. Bentuk dari rendahnya prestasi belajar afektif siswa antara lain (1)siswa sulit menumbuhkan  semangat belajarnya, (2)kurang serius dalam mengikuti pembelajaran, (3)siswa suka membuat gaduh (ramai) pada saat proses pembelajaran, (4)jika materi kurang jelas, siswa tidak mengajukan pertanyaan dengan guru, (5)pekerjaan rumah yang seharunya dikerjakan di rumah malah diselesaikan di sekolah, (6)ada sebagian siswa malah menyontek dengan temannya. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan prestasi belajar afektif siswa adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Masalah pokok yang dikaji adalah adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap prestasi belajar afektif siswa kelas X TT SMK Negeri 3 Pekalongan? Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan true experimental yang menggunakan Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TT SMK Negeri 3 Pekalongan yang berjumlah 147 siswa. Sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa, yang masing-masingdiambil 15 untuk kelompok eksperimen dan 15 untuk kelompok kontrol. Hasil analisis skala likert prestasi belajar afektif siswa pada post-testkelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan penghitungan Uji t-test diperoleh thitung sebesar 1,929 sementara ttabel dengan db (n1 + n2) ± 2 = db(15+15)-2= 28 dan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 1,701. Karenathitung>ttabelyakni 1,929 > 1,701 maka dapat diartikan lebih besar maka Ha diterima. Jadi, thitung>ttabelmaka Ha diterima dan Ho ditolak, maka hipotesis berbunyi ada pengaruh layanan bimbingankelompok dengan teknik problem solving terhadap prestasi belajar afektif siswa kelas X TT SMK Negeri 3 Pekalongan.Kata kunci: Layanan bimbingan kelompok teknik problem solving, prestasi belajar afektif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...