Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 3 No 2 (2019)

Deskriptif Analitik Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Keaktifan Belajar Peserta Didik

Nisrina Nur Amalina (Universitas Pancasakti Tegal)
Rizqi Amaliyakh Sholikhakh (Universitas Pancasakti Tegal)
Ibnu Sina (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran make a match pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi, observasi, tes kemampuan pemahaman matematis, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar tinggi juga mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang tinggi pula, peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar sedang juga mempunyai kemampuan pemahaman matematis yang sedang pula, sedangkan peserta didik yang mempunyai keaktifan belajar rendah ada yang berkemampuan pemahaman matematis rendah pula dan ada juga yang justru berkemampuan pemahaman matematis tinggi.

Copyrights © 2019