KINERJA
Vol 16, No 2 (2019)

Peran kepuasan sebagai variabel intervening pada experiential marketing terhadap loyalitas

Adam, Muhammad (Unknown)
Sanaji, Sanaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Seiring berjalannya waktu, pengembangan bisnis juga tumbuh lebih cepat. Salah satunya adalah bakery indutry, yang dilengkapi dengan pendekatan pemasaran berdasarkan pengalaman, yang bertujuan untuk memberikan konsumen pengalaman holistik melalui 5 dimensi indera, rasa, pikir, tindakan, dan hubungkan untuk mencapai tingkat kepuasan yang mempengaruhi loyalitas konsumen lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskusikan pengaruh experiential marketing, terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang makan langsung dan berusia 16 tahun ke atas yang telah melakukan pembelian setidaknya dua kali atau lebih. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan adalah 220. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan program AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dan pemasaran pengalaman memiliki efek positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dengan kepuasan sebagai variabel intervening antara pemasaran pengalaman dan loyalitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...