JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 11 No 2 (2017)

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2016/2017

Kabela Putri Rahmawati (Unknown)
Sutrisno Djaja (Unknown)
Bambang Suyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui variabel yang dominan antara minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso.Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasiyaitu sebanyak 77responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode:angket, dokumen, dan wawancara.Analisis data yang digunakan adalahinferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi berganda, analisis varian garis regresi, uji F,efektivitas garis regresi, uji t, dan Standart Error Of Estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 184,364> Ftabel = 3,12 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. Besarnya persentase minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas sebesar 83,3%,variabel yang dominan memengaruhi prestasi belajar siswa adalah minat belajar dengan besar persentase 47,57% dan kecerdasan emosional memberikan sumbangan sebesar 35,65%, sedangkan sisanya yaitu 16,7% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...