JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu SosialVol 11 No 2 (2017)
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2016/2017
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui variabel yang dominan antara minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso.Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasiyaitu sebanyak 77responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode:angket, dokumen, dan wawancara.Analisis data yang digunakan adalahinferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi berganda, analisis varian garis regresi, uji F,efektivitas garis regresi, uji t, dan Standart Error Of Estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 184,364> Ftabel = 3,12 dengan tingkat signifikansi F = 0,000
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...