Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Vol 2 No 1 (2017)

Efek Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web

Harly, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pemrograman. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik analisis ANAVA dua arah. Sampel sebanyak 64 siswa.  Data dihimpun melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar pemrograman web siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding metode pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pemrograman web, (3) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan perlakuan metode konvensional, dengan perbedaan rata-rata yang signifikan, (4) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy tidak berbeda dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode konvensional, karena perbedaan rata-rata yang tidak terlalu signifikan. Secara umum, metode pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman web siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and ...