cover
Contact Name
Bakir
Contact Email
jppp@uhamka.ac.id
Phone
+628112334445
Journal Mail Official
jppp@uhamka.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jl. Buncit Raya No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
ISSN : 25280945     EISSN : 25797654     DOI : https://10.22236/jppp.v3i1
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and assessment development, classroom assessment, and policy and program evaluation in educational settings. Given that the journal prioritizes research reports in evaluation and assessment education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in evaluation education research to publish in this journal. The article submitted to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan will be reviewed by two reviewers. Each article published in Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan passes the process of double-blind review. The decision made for the article is the result of the Editorial Board’s agreement based on the suggestions proposed by the reviewers. Plagiarism scanning will be conducted with the help of Turnitin Anti-Plagiarism Software.
Articles 114 Documents
Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Wibowo, Slamet
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.816 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional, serta gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Jakarta Selatan. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2. Dalam menghimpun data, digunakan instrumen kuesioner. Data yang sudah terhimpun, dianalisa dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial, menggunakan ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan uji Tukey HSD, pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, pendekatan pembelajaran kontekstual lebih efektif dari pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruhh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika, hasil belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa dengan gaya kognitif field dependent, (3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Secara keseluruhan, hasil belajar matematika siswa sangat ditentukan oleh pendekatan pembelajaran dan gaya kognitifnya.
Pengaruh Penilaian Guru tentang Kegiatan Musyawarah Guru Mata Ajar (MGMP) dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Profesional Guru PKn dalam Membuat Soal Jimni, Depri Ari; Suparno, Anah Suhaenah
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.971 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penilaian guru tentang kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru dalam membuat soal. Populasi 186 guru, sampel 127 guru. Data dihimpun dengan kuesioner dan analisis butir soal menggunakan iteman. Data dianalisa dengan teknik korelasi sederhana, uji linearitas dan dengan analisis jalur. Hasilnya: 1) terdapat pengaruh langsung positif penilaian guru tentang kegiatan MGMP;  2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi guru terhadap kompetensi profesional guru dalam membuat soal;  3) terdapat pengaruh langsung penilaian guru tentang kegiatan MGMP terhadap motivasi berprestasi guru.  Implikasi, apabila MGMP memiliki berbagai program yang menunjang dan menarik sehingga guru memberikan penilaian yang baik tentang kegiatan MGMP dan bergabung dalam MGMP karena kebutuhan untuk dapat meningkatkan kompetensi profesional terutama dalam membuat soal sehingga tujuan pendidikan PPKn khususnya sebagai materi yang bersifat aplikatif dapat diterapkan siswa. Penilaian tersebut juga akan dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru yang dapat berimbas pada kompetensi profesional guru dalam membuat soal.
Profesionalisme Guru dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Prestasi Belajar IPA Jahidin, Mohamad
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.414 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menelaah dan mengkaji hubungan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan simultan dengan prestasi belajar IPA siswa. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi terjangkau sebanyak 749 orang siswa, sampel berjumlah 109 siswa. Data dihimpun melalui tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan prestasi belajar IPA siswa, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPA, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA.
Kontribusi Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Rosliana, Eri
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.97 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian kuasi-eksperimen ini menggunakan desain treatment by levels, dengan teknik analisis varian dua jalur. Populasi terjangkau 268 siswa, sedangkan sampel 52 siswa. Data dihimpun dengan kuesioner dan tes. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada metode STAD. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. (3) Pada siswa yang memiliki sikap siswa positif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada dengan metode STAD. (4) Pada siswa yang memiliki sikap siswa negatif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih rendah daripada dengan metode STAD.
Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Kusyanto, Edi
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.609 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan faktorial (2 x 2). Sampel sebanyk 40 siswa.  Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelompok siswa yang diajarkan menggunakan Model Inkuiri lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 2) Terdapat interaksi antara model dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Ilmu. 3) Untuk siswa yang motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 4) Untuk siswa yang motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah.
Efek Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Harly, Muhammad
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.23 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pemrograman. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik analisis ANAVA dua arah. Sampel sebanyak 64 siswa.  Data dihimpun melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar pemrograman web siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding metode pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pemrograman web, (3) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan perlakuan metode konvensional, dengan perbedaan rata-rata yang signifikan, (4) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy tidak berbeda dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode konvensional, karena perbedaan rata-rata yang tidak terlalu signifikan. Secara umum, metode pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman web siswa.
Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Sugiyati, Sugiyati
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 1 No 2 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.09 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur. Populasi sebanyak 184 siswa, sedangkan sampel 72 siswa. Data dihimpun dengan teknik tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 2D. (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari yang diajar dengan media pembelajaran 2D. (4) Pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media 2D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media 3D.
Kemampuan Guru Mengajar IPA dan Sikap Siswa terhadap Lingkungan Hidup Dengan Hasil Belajar IPA Widuri, Roro
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.424 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara : (1) kemampuan guru mengajar IPA dengan hasil belajar IPA; (2) sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA; (3) kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan metoe survei. Penelitian terdiri dari dua variabel bebas, yaitu: 1) kemampuan guru mengajar IPA, dan 2) sikap siswa terhadap lingkungan hidup, serta satu variabel terikat, yakni hasil belajar IPA. Populasi penelitian berjumlah 889 siswa, sedangkan sampel sebanyak 107 siswa. Data dihimpun dengan teknik kuesioner, dan tes, kemudian dianalisa dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA.
Implementasi Pembelajaran Aktif dengan Model Sentra untuk Mengembangkan Akhlak dan Kecerdasan Interpersonal pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Habie, Nurul Afifah
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.091 KB)

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran aktif dengan model sentra bagi pengembangan akhlak dan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Data dihimpun melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas/sentra, siswa dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Petama, penerapan model sentra sebagai kurikulum dipersiapkan pada awal kegiatan belajar-mengajar dengan program-program yang sesuai prinsip pendidikan anak usia dini, yaitu pendidikan berorientasi pada kebutuhan, dirancang dalam kegiatan bermain untuk membangun sistematika kerja, pembelajaran berorientasi pada kecakapan hidup, dan dilaksanakan secara bertahap dan berulang. Kedua, dalam kegiatan belajar, guru berperan membuat pijakanpijakan main, sebagai inti kegiatan pembelajaran yang dapat diserap anak secara sempurna. Sebagai fasilatator, pengamat dan sumber, guru bebas mengamati, mencatat dan mendokumentasikan tahap perkembangan anak yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk pembuatan recana pembelajaran masing-masing anak dan kelompok, merupakan media yang paling tepat untuk memperkuat nilia-nilai akhlak dan moral, sehingga dapat menciptakan kecerdasan interpersonal anak sesuai nilai-nilai kehidupan. Kreativitas guru dalam pengembangan ide pada sentra sangat dibutuhkan dan guru adalah model yang benar bagi anak. Ketiga, orang tua berperan sebagai pengguna jasa pendidikan dan terutama dalam pendidikan di rumah sebagai fondasi pendidikan dan kehidupan anak di masa datang.
Pengaruh Bentuk Tes dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Fisika Sari, Salamang Salmiah
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.754 KB)

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes formatif dan kompetensi guru terhadap hasil belajar fisika dengan mengontrol pengetahuan awal siswa. Penelitian eksperimen ini mengunakan desain faktorial 2x2, yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 dan 5 di Kota Makassar. Data dianalisis dengan ANKOVA. Dengan mengontrol pengetahaun awal siswa, hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif pilihan ganda, 2) Hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi rendah, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk tes formatif dengan kompetensi guru terhadap hasil belajar fisika, 4) Hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diberi tes formatif pilihan ganda, khusus bagi siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi tinggi, dan 5) Hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi tinggi lebih tinggi dari hasil belajar fisika siswa yang diajar guru yang memiliki kompetensi rendah, khusus bagi siswa yang diberi tes formatif uraian. Dengan demikian, guru hendaknya meningkatkan kompetensinya dan memberikan tes formatif uraian untuk meningkatkan hasil belajar fisika.

Page 1 of 12 | Total Record : 114