cover
Contact Name
Bakir
Contact Email
jppp@uhamka.ac.id
Phone
+628112334445
Journal Mail Official
jppp@uhamka.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jl. Buncit Raya No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
ISSN : 25280945     EISSN : 25797654     DOI : https://10.22236/jppp.v3i1
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and assessment development, classroom assessment, and policy and program evaluation in educational settings. Given that the journal prioritizes research reports in evaluation and assessment education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in evaluation education research to publish in this journal. The article submitted to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan will be reviewed by two reviewers. Each article published in Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan passes the process of double-blind review. The decision made for the article is the result of the Editorial Board’s agreement based on the suggestions proposed by the reviewers. Plagiarism scanning will be conducted with the help of Turnitin Anti-Plagiarism Software.
Articles 105 Documents
Pengaruh Evaluasi Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kemandirian Belajar Dwi Anggaini
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.119 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh tes formatif terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen, dengan teknik analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: 1). Hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi dari pada pilihan ganda. 2). Terdapat interaksi antara tes formatif dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 3). Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih tinggi daripada pilihan ganda. 4). Pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diberi tes formatif uraian lebih rendah daripada pilihan ganda. Kesimpulan, guru sebagai pelaku pendidikan dalam menerapkan bentuk tes yang mampu menghasilkan pemahaman tingkat tinggi dan dapat menanamkan konsep matematika yang sangat kuat dalam diri siswa. Implikasinya, kemampuan merancang dan menggunakan bentuk tes yang tepat, akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kontribusi Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Eri Rosliana
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.97 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian kuasi-eksperimen ini menggunakan desain treatment by levels, dengan teknik analisis varian dua jalur. Populasi terjangkau 268 siswa, sedangkan sampel 52 siswa. Data dihimpun dengan kuesioner dan tes. Hasil analisis data menunjukkan: (1). Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada metode STAD. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. (3) Pada siswa yang memiliki sikap siswa positif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada dengan metode STAD. (4) Pada siswa yang memiliki sikap siswa negatif, hasil belajar Bahasa Indonesia yang diajar dengan metode jigsaw lebih rendah daripada dengan metode STAD.
Pengaruh Program Remedial dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Elly Nurlia Rustiani
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.243 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang mengikuti Program Remedial dengan metode Tutor Sebaya dan Pemberian Tugas pada siswa yang bergaya kognitif field independent atau dependent, serta pengaruh program remedial dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian mengggunakan metode eksperimen, dengan teknik ANAVA dua jalur. Temuannya: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada dengan pemberian tugas. (2) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field independent lebih tinggi daripada dependent. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara program remedial dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. (4) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field independent, dan diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih rendah daripada melalui metode pemberian tugas. (5) Hasil belajar matematika siswa yang bergaya kognitif field dependent, dan diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada melalui metode pemberian tugas. (6) Siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya, hasil belajar untuk siswa yang bergaya kognitif field dependent tidak lebih tinggi daripada field independent. (7) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode pemberian tugas pada siswa yang bergaya kognitif field independent lebih tinggi daripada field dependent.
Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Meningakatkan Hasil Belajar Sejarah Firdaningsih Firdaningsih
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.7 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi-diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi terjangkau berjumlah 504 siswa, sedangkan sampel sebanyak 108 siswa. Data dihimpun dengan kuesioner dan tes. Data dianalisa dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi-diri terhadap hasil belajar sejarah; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi-diri terhadap motivasi berprestasi. Kesimpulan, peningkatan hasil belajar sejarah dapat dilakukan melalui perbaikan efikasi-diri dan motivasi berprestasi.
Kontribusi Kompetensi Profesional dan Pengetahuan tentang Evaluasi Terhadap Kualitas Tes IPA Buatan Guru Ofi Ihsan Karya Arofi
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.477 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh kompetensi profesional guru dan pengetahuan tentang evaluasi terhadap kualitas tes IPA buatan guru Sekolah Menengah Pertama Kelas VII di Wilayah Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan desain hubungan kausal, denga metode survei dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap kualitas test IPA, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p31 = 0,62. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 62 %. 2) terdapat pengaruh langsung pengetahuan evaluasi terhadap kualitas test IPA buatan guru, hal tersebut ditunjukkan oleh koefisien jalur p32 = 0,61. Artinya kontribusi pengetahuan evaluasi yang secara langsung mempengaruhi kualitas test IPA buatan guru adalah 61 %. 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap pengetahuan evaluasi, yang ditunjukkan oleh koefisien jalur p21= 0,33. Artinya kontribusi kompetensi profesional yang secara langsung mempengaruhi pengetahuan evaluasi adalah 33 %. Kesimpulan, kualitas tes IPA buatan guru akan lebih baik apabila guru meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kualitas tes buatan guru juga akan memenuhi persyaratan tes yang baik apabila pengetahuan evaluasi guru ditingkatkan.
Strategi Scaffolding dalam Memperbaiki Kemampuan Berfikir Kritis Matematis ditinjau dari Kemampuan Spasial Fiqhi Wulandari
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.934 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi scaffolding terhadap kemampuan berfikir kritis matematis ditinjau dari kemampuan spasial. Penelitian quasi-eksperimen ini menggunakan treatment by level 2x2, dengan teknik analisis varian dua jalur. Populasi berjumlah 175 siswa, sampel sebanyak 24 siswa. Data dihimpun melalui studi dokumen, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kemampuan berfikir kritis matematis siswa yang diajar dengan strategi concept mapping lebih tinggi daripada dengan strategi probing promting; 2) Tidak terdapat interaksi antara strategi scaffolding dan kemampuan spasial terhadap kemampun berfikir kritis matematis; 3. Tidak terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat perlakuan strategi concept mapping dengan siswa yang mendapat perlakuan strategi probing prompting untuk siswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi. 4. Tidak terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat perlakuan strategi concept mapping dengan siswa yang mendapat perlakuan strategi probing prompting untuk siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah.
Kemampuan Guru Mengajar IPA dan Sikap Siswa terhadap Lingkungan Hidup Dengan Hasil Belajar IPA Roro Widuri
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.424 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara : (1) kemampuan guru mengajar IPA dengan hasil belajar IPA; (2) sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA; (3) kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan metoe survei. Penelitian terdiri dari dua variabel bebas, yaitu: 1) kemampuan guru mengajar IPA, dan 2) sikap siswa terhadap lingkungan hidup, serta satu variabel terikat, yakni hasil belajar IPA. Populasi penelitian berjumlah 889 siswa, sedangkan sampel sebanyak 107 siswa. Data dihimpun dengan teknik kuesioner, dan tes, kemudian dianalisa dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA.
Kontribusi Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Neily El 'Izzah
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.322 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2x2, dengan analisis varian dua arah. Sampel 88 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi mind mapping lebih tinggi dari pada dengan strategi ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independent lebih tinggi daripada dependent, (3) terdapat pengaruh interaksi yang sangat signifikan antara strategi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika: (4) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi mind mapping lebih tinggi daripada dengan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar independent, (5) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi mind mapping tidak berbeda dengan strategi ekspositori untuk siswa yang memiliki gaya belajar dependent, (6) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independent lebih tinggi dari pada dependent untuk siswa yang diajar dengan strategi mind mapping, dan (7) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar independent tidak berbeda dengan dependent untuk siswa yang diajar dengan strategi ekspositori.
Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Berprestasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Neni Daryati
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.664 KB)

Abstract

Penelitian mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh kompetensi profesional dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan metode survei kaual, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 1449 siswa, dan sampel sebanyak 105 siswa. Data dihimpun dengan tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestsi siswa terhadap hasil belajar matematika, 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap motivasi berprestasi siswa. Implikasinya, peningkatan kompetensi profesional guru akan berdampak pada peningkatkan motivasi berprestasi siswa, yang selanjutnya akan meningkatkan hasil belajar (matematika) siswa.
Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar Terhadap Pemilihan Peminatan Siswa Tawaningsih Tawaningsih; T. Ramli Zakaria
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.801 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa. Penelitian menggunakan metode survey kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi sebanyak 750 siswa, sampel berjumlah 238 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung positif Bimbingan Konseling terhadap Pilihan Peminatan. 2) terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan. 3) terdapat pengaruh positif Bimbingan Konseling terhadap Motivasi Belajar. Implikasinya, Pilihan Peminatan Siswa dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar.

Page 1 of 11 | Total Record : 105