Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 2, No 2 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BLENDED DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG KELAS X TGB SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Lukas Aditia (Unknown)
Su trisno (Unknown)
Eko Supri Murtiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah, (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended (Padu Padan Melempar Bola Salju)dengan Student Facilitator And Explaining (Siswa Sebagai Fasilitator dan Menjelaskan) pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung kelas X TGB SMK N 4 Sukoharjo, (2) Untuk mengetahui keaktifan siswa pada proses pembelajaran melalui peerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended denganStudent Facilitator And Explaining, (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung kelas X TGB SMK N 4 Sukoharjo melalui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blendeddengan Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 23,53%, Siklus I 70,6% dan Siklus II 82,35%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 12 siswa, Siklus I berpredikat Baik (B) 23 siswa, dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 7 siswa dan 21 siswa berpredikat Baik (B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 41,18%, Siklus I 82,35%, dan Siklus II 88,23%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung. Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing Blended dengan Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan prestasi belajar pada ranah kognitif dan afektif siswa kelas X TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo pada mata pelajaran Ilmu BangunanGedung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...