cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
ISSN : -     EISSN : 25982931     DOI : -
The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 176 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TGB PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Prisilia Dhika Wiranti; Rima Sri Agustunin; Trino Su
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 3, No 1 (2017): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.863 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v3i1.22412

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbaikan proses belajar siswa dan (2) mengetahui peningkatan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB Program Keahlian Bangunan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pemikiran) dengan media gambar dapat : (1) memperbaiki proses belajar dan (2) meningkatkan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Siswa menjadi lebih baik dalam proses belajar meliputi aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam diskusi dan proses belajar dengan metode mind mapping. Hasil tes evaluasi belajar siswa mengalami kenaikan persentase sebesar 9,88% dari pra siklus sampai siklus I,dan dari siklus I ke siklus II naik 68,74%, pada aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dan proses belajar dengan metode mind mapping sudah mencapai predikat Baik dan Sangat Baik.
IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO Wi dodo; Ernawati Sri Sunarsih; Taufiq Lilo Adi Sucipto
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 2, No 1 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.326 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v2i1.22564

Abstract

Widodo. IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) A SMK NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) A SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pada setiap siklus dilakukan Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen yang telah digunakan oleh sekolah sehingga peneliti tidak melakukan validasi terhadap instrument yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif (prasiklus 58,33%, siklus I 83,33%, siklus II 91,67%), afektif(prasiklus 61,11%, siklus I 72,22%, siklus II 86,11%), psikomotorik (prasiklus 50,00%, siklus I 69,44%, siklus III 86,11%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Konstruksi Bangunan siswa kelas XTGB A SMK Negeri 2 Sukoharjo.
PEMANFAATAN LERAK PADA BATA FOAM YANG RAMAH LINGKUNGAN Davizar Rukman Arrumy; Sri Sumarni; chundakus Habsah
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 4, No 2 (2018): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.887 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v4i2.27762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengunaan busa lerak variasifoam 30% dan 40% dengan perbandingan 1pc:1ps dan 1pc:2ps terhadap kuat tekan, beratjenis, daya serap air dan nilai maksimal kuat tekan beton ringan foam. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif experimen dan teknik analisa data menggunakananalisis T-Test. Variabel yang membedakan penelitian ini adalah variabel terikat: kuattekan, berat jenis dan daya serap air bata beton ringan foam, varibel bebas: penggunaanbusa lerak perbandingan semen dan pasir seperti tersebut diatas.Berdasarkan hasil penelitian bahwa, terdapat perbedaan penggunaan busa lerak denganvariasi persentase busa dan perbandingan semen dengan pasir terhadap kuat tekan, beratjenis, daya serap air serta menghasilkan kuat tekan maksimal sebesar 6,583 MPa pada30% busa lerak dengan perbandingan 1pc:1ps.
Application of SAVI’s Model To Improve The Quality of Process And Student Learning Achievement of Vocational High School Dining Tyas Ariana; Abdul Haris Setiawan; Anis Rahmawati
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 2, No 1 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.326 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v3i3.14882

Abstract

h: 0px; "> This research aims to: (1) determine the application of SAVI’s modelto improve the quality of process and student learning achievement (2) determine the improvement of quality learning process (3) determine the improvement of student learning achievement in building construction subject in tenth grade Civil Engineering at SMKN 2 Surakarta. This research used Classroom Action Research (CAR). The research were conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques using observation, interviews, documentation, and tests.The validity test of the data using data triangulation and data analysis using descriptive analysis. The result showed that (1) application of SAVI’s model in classroom has been done well (2) SAVI’s model can improve the quality of learning process in classroom (3) SAVI’s model can improve the student learning achievement in classroom. This means, after the application of SAVI’s model in classroom of X TGBA quality process and student learning achievement were increased. Students became more independent at learning.Keywords: SAVI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS X TGB B SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Jaka Rahmana; Agus Efendi; Abdul Haris Setiawan
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 1, No 2 (2015): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.303 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v2i2.17942

Abstract

The purpose of this research is to improve the teaching of engineering mechanics and explain the mechanism of implementation of engineering mechanics of learning through the implementation of cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) in class X SMK TGB B 2 Sukoharjo academic year 2014/2015.This study uses a Class Action Research (CAR). This study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects in this study TGB B class X SMK Negeri 2 Sukoharjo the school year 2014/2015 amounted to 32 consist of 17 boys and 15 girls. Data collection techniques with learning outcomes assessment calculations simple construction, observation, and interviews. The data analysis technique used in this research is descriptive qualitative analysis based on the percentage.Based on data analysis results: The implementation of cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) can improve the mechanics of learning techniques in class X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. It can be seen from the results of research. Student learning outcomes cognitive domains (Pre Cycle of 31.25%; the first cycle was 65.63%; Cycle II amounted to 90.63%). Affective student learning outcomes (Pre cycle of 53.02%; the first cycle was 64.06%; Cycle II amounted to 78.23%). Psychomotor student learning outcomes (Pre cycle of 43.19%; the first cycle was 62.50%; Cycle II amounted to 80.08%). Teacher performance assessment scores in learning activities (Pre cycle of 34.40%; the first cycle was 69.79%; Cycle II amounted to 90.625%).Based on the research that has been conducted conclusion of this research is the application of learning models TAI (Team Assisted Individualization) can improve the mechanics of learning techniques in class X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo the school year 2014/2015. Keywords: Team Assisted Individualization, (TAI), learning outcomes, Engineering Mechanics
WATER CONSERVATION MOCK-UP AS LEARNING MEDIA PROSPECTIVE STUDENTS FOR TEACHERS OF ENGINEERING BUILDING FOR ENVIRONMENTAL EDUCATION FACILITIES Nur Cahyo Susilo; Taufiq Lilo Adi S; Anis Rahmawati
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 3, No 2 (2017): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.124 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v1i2.18236

Abstract

Public awareness of the environmental conditions should be improved. This must bedone, given the increasingly damaged environmental conditions caused by human activitiesitself, to cause global warming and climate change that is exacerbating the situation.Environmental education needs to be instilled early on to learners, in order to create the nextgeneration who care about the environment. Therefore, students of construction engineeringprofessors must also have knowledge of the environment, closely related to the developmentof environmental aspects. The outcomes of this research are the conservation of water ingreen house, booklet, and lesson plan.This research includes descriptive research using research and development (R & D)level 1 method proposed by Sugiyono. The development model used is a descriptiveprocedural development model by following the research steps to produce a product. Thesteps of development in this research include: (1) preliminary study stage and design whichincludes three activities namely; (a) potentials and problems, (b) study of literature andinformation collection, and (c) product design; (2) development stage that includes maketmaking and design validation activities, (3) evaluation phase that is covering activityimprovement of product which developed to become a decent design. Sources of data in thisstudy are academic observers of green building, practitioners GBCI, environmental experts,learning experts, and media experts. Data obtained from the results of the study wereanalyzed quantitatively and qualitatively. The results of questionnaires from learning expertsand media experts were analyzed quantitatively, while interviews, documentation, andobservations to green building observers, GBCI practitioners, and environmental expertswere analyzed qualitatively.Based on the results of the study, obtained the validation results of expert learning, itcan be concluded that from the aspect of RPP, get a value of 91.67%. The study expertevaluates the RPP with very decent category. Then the results of validation of media experts,it can be concluded that from the aspect of learning media, get the value of 79%. The learningexpert assesses the learning medium with very decent category. The resulting product is amodel of water conservation in environmentally friendly house, booklet booklet, and learningimplementation plan (RPP) as guidance of media usage in learning. Based on the analysis ofdata and discussion can be concluded that the product is very feasible to be used as a mediumof learning for prospective students of building engineering teachers for environmentaleducation.Keyword: conservation, water conservation, media, learning media
DESAIN MODUL PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG SESUAI DENGAN SNI BETON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN NILAI TIGA RANAH BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SURAKARTA DENGAN MODEL INQUIRY LEARNING Razan Ihtifazhuddan; Ernawati Sri Sunarsih; Su trisno
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 4, No 1 (2018): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.294 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v4i1.22548

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  ada  atau  tidaknya peningkatan keaktifan  dan nilai  pada  tiga  ranah  belajar  dengan  penerapan modul pengayaan  dengan  model  pembelajaran Inquiry  Learning pada  mata  pelajaran Konstruksi  Beton  Bertulang  siswa  kelas  XI  Teknik  Konstruksi  Batu  Beton  SMK Negeri  2  Surakarta. Subjek  penelitian  adalah siswa  kelas  XI  Konsentrasi  Teknik Konstruksi  Batu  Beton  SMK  Negeri  2  Surakarta, dalam  satu  kelas  yang  terdiri dari  31 siswa. Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas.  Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, teknik tes, dokumentasi, dan  wawancara. Teknik analisis  data  dilakukan  secara  deskriptif  kualitatif, alur yang  dilalui  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data  dan  penarikan  kesimpulan. Hasil  penelitian  ini  adalah  nilai  ranah  kognitif  rata-rata  79,77  dengan  ketuntasan 90,32%.  Hasil  nilai  ranah  afektif  didapatkan  nilai  rata-rata  81,05  dengan ketuntasan  80,65%.  Sedangkan  nilai  ranah  psikomotorik  didapatkan  rata-rata 80,09  dengan  ketuntasan  84%.  Siswa  yang  aktif 87,10% dan  siswa  yang  belum aktif sebesar 12,90%. Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan modul pengayaan  dengan  model  pembelajaran Inquiry  Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Beton Bertulang siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Surakarta.
PENGARUH PENAMBAHAN POTONGAN LIMBAH BANNER DENGAN BENTUK POTONGAN MEMANJANG TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON Rista Novita Catur Putri; Anis Rahmawati; Ida Nugroho Saputro
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 2, No 2 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.364 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v2i2.22768

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penambahan potongan limbah banner terhadap berat jenis beton; (2) pengaruh penambahan potongan limbah banner terhadap kuat tekan beton; (3) pengaruh penambahan potongan limbah banner terhadap kuat lentur beton; (4) persentase penambahan limbah banner optimum pada kuat tekan dan kuat lentur beton maksimum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Perencanaan pembuatan campuran beton menggunakan metodemix design sesuai dengan SNI 03-3449-2002. Variasi persentase penambahan banneryang digunakan adalah 0,00%, 0,20%, 0,40%, 0,60%, 0,80% dan 1,00% dengan mutu beton yang direncanakan yaitu fc’ 20 MPa. Karakteristik beton yang diuji dalam penelitian ini adalah berat jenis, kuat tekan dan kuat lentur beton pada usia 28 hari. Benda uji untuk pengujian berat jenis dan kuat tekan berbentuk silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Benda uji untuk pengujian lentur berbentuk balok dengan dimensi 150 x 150 x 600 mm. Hasil pengujian terhadap beton yang telah mengeras yaitu pada usia setelah 28 hari dengan penambahan potongan limbahbanner optimum tekan terdapat pada variasi 0,20% dengan kuat tekan 21,967 MPa dan optimum lentur terdapat pada variasi 0,40% dengan kuat lentur 4,663 MPa. Hasil pengujian berat jenis dari seluruh variasi termasuk dalam beton normal. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penambahan potongan limbah bannerterhadap berat jenis beton yaitu semakin besar persentase penambahan semakin kecil nilai berat jenis beton. Penambahan potongan limbah banner berpengaruh negatif terhadap kuat tekan dan kuat lentur beton.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH Anwar Efendi; Sri Sumarni; Agus Efendi
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 2, No 1 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.96 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v3i3.11198

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan, dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan antara lain: studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan draft desain model / perancangan yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya: menyusun materi, membuat naskah dan menyiapkan storyboard, pengambilan video dan editing video. Selanjutnya validasi penilaian oleh para ahli / pakar materi, pakar media, pakar pembelajaran dan uji coba terbatas maupun uji coba luas untuk menilai kelayakan media pembelajaran yang dibuat. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait model final media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersusunnya media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah dengan tingkat kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 79,58 % termasuk kategori layak, penilaian ahli media diperoleh persentase sebesar 77, 5 % termasuk kategori layak, penilaian ahli pembelajaran dengan persentase sebesar 86, 13 % termasuk kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas hasil yang diperoleh persentase sebesar 86,13 % termasuk kategori sangat layak. Hasil uji coba luas diperoleh persentase sebesar 75, 867% termasuk kategori layak.Kata Kunci: media, pembelajaran, mekanika tanah, video, tutorial
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 – 2015 Dewi Ardiyawati; Anis Rahmawati; Rima Sri Agustin
Indonesian Journal Of Civil Engineering Education Vol 1, No 2 (2015): Indonesian Journal of Civil Engineering Education
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.537 KB) | DOI: 10.20961/ijcee.v2i2.17932

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match, (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan tugas. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran kooperatif teknik  Make a Match dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, (2) Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 29,17%, Siklus I 66,67% dan Siklus II 83,33%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 8 siswa, Siklus I  berpredikat Sangat Baik (SB) 2 siswa dan berpredikat Baik (B) 12 siswa, dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 5 siswa dan 19 siswa berpredikat Baik (B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 25,00%, Siklus I 62,50% dan Siklus II 83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TSB SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Kata Kunci: Make a Match, Prestasi Belajar, Mekanika Teknik

Page 1 of 18 | Total Record : 176