Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 4, No 2 (2018): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

ANALISIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 SURAKARTA)

Adhitya Surya Pratama (Unknown)
Roemin toyo (Unknown)
Sri Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan SMK Negeri2 Surakarta berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan, pengelolaan perpustakaanberdasarkan pedoman pengelolaan perpustakaan IFLA/UNESCO dan gambaranperpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di PerpustakaanSMK Negeri 2 Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian digunakan snowballsampling dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan carawawancara tak terstruktur, dengan kepala perpustakaan, pegawai atau staff, dan penggunaperpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta, observasi keadaan atau kondisi perpustakaanSMK Negeri 2 Surakarta, dan dokumen yang relevan.Hasil penelitian ini antara lain, Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta memilikipengelolaan perpustakaan, yang meliputi gedung, koleksi bahan pustaka, tenaga kerja danpelayanan. Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan luas gedung perpustakaan SMKNegeri 2 Surakarta masih belum dapat dikatakan efektif, dikarenakan gedung yangterdapat sistem pelayanan terbuka atau melayani untuk umum hanya memiliki luas183,7m2, selain itu beberapa ruangan terdapat pada gedung SMK Negeri 2 Surakartakurang dari 5m2. Ditinjau dari aspek jumlah bahan pustaka, perbandingan koleksi karyaumum atau buku fiksi sebesar 23% dan buku non-fiksi yang berkaitan dengan kurikulumsebesar 77%. Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta belum memenuhi pengelolaanperpustakaan menurut IFLA/UNESCO dalam aspek gedung perpustakaan yang tidakdidesain sesuai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung disabilitas. Kendala yangdihadapi dalam pengelolaan perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta yaitu dikarenakanSMK Negeri 2 Surakarta baru saja membuka jurusan yaitu Teknik Geomatika, selain ituSMK Negeri 2 Surakarta masih membagi fokus atau khususnya anggaran pada kelas yangdigunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...