Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 4, No 2 (2019): Oktober

PEMBELAJARAN NILAI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI TK ABA PANTO DAENG SUMBAWA BESAR DAN TK ABA TALIWANG SUMBAWA BARAT

Mardiyah Hayati, Aqodiah Mardiyah Hayati, Aqodiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pembelajaran, materi, strategi dan model pembelajarannya Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan dari hasil penelitian dilapangan; Pertama, perlu adanya pendalaman pada penulisan sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat. Kedua, dalam pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ‘Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat ditemukan adanya kesamaan pola pembelajaran. Kesamaan ini dipengaruhi oleh persamaan penguasaan guru terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Ketiga, masih minimnya strategi pembelajaran yang menarik dalam penanaman nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga perlu adanya pola dan model strategi pembelajaran AIK bagi anak usia Taman Kanak-kanak. Keempat, perlu adanya pelatihan bagi guru terkait pemahaman mendalam terhadap konsep ibadah berdasarkan manhaj Muhammadiyah sehingga dalam pembelajaran AIK acuan utamanya adalah Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Abstract:  The purpose of this research is to know how the values of learning, materials, strategies and models of teaching Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar and TK ABA Taliwang West Sumbawa. This research is a field research, and the type of approach used is qualitative with methods of interviews, observations, and documentation. Some conclusions of the research in field; First, there has to be a deepening of the history of Muhammadiyah and Aisyiyah in Sumbawa Besar and West Sumbawa. Secondly, in the study of Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar and TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat found a common pattern of learning. This similarity is influenced by the teacher's mastery equality to the Al Islam material and the Kemuhammadiyahan. Thirdly, there is still a lack of interesting learning strategy in the planting values of Al Islam and Kemuhammadiyahan so there needs to be a pattern and model of AIK learning strategy for children of kindergarten. Fourth, there needs to be training for teachers regarding the deep understanding of the concept of worship based on Muhammadiyah Manhaj so that in the study of AIK main reference is the association of the decision Tarjih Muhammadiyah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...