cover
Contact Name
Mappanyompa
Contact Email
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Phone
+6282333380383
Journal Mail Official
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi guru MI/SD Neuro Psycholinguistics untuk anak MI/SD
Articles 96 Documents
Implementasi Program IMTAQ sebagai upaya Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di SDN 1 Lembah Sari Riadi Riadi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.524

Abstract

Pendidikan agama (Islam) masih mengalami kekurangan setidak-tidaknya dalam 2 (dua) aspek mendasar yaitu; Pertama pendidikan agama masih berpusat pada hal-hal yang bersifat simbolic, ritualistic, serta bersifat legal formalistic (halal-haram) dan kehilangan ruh moralnya. Kedua, kegiatan pendidikan agama cenderung bertumpu pada penggarapan ranah kognitif dan paling banter hingga ranah emosional, tetapi tidak dapat mewujudkannya dalam tindakan nyata akibat tak tergarapnya ranah psikomotorik. Kritik semacam itu juga berkembang di tengah masyarakat, yaitu bahwa kurikulum PAI dipandang kurang berhasil dalam membentuk sikap, perilaku dan pembiasaan peserta didik. Sebagai indikatornya antara lain adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa untuk melaksanakan ibadah, tidak mampu baca tulis Qur’an, berperilaku kurang terpuji, bahkan melakukan tindak kriminal dan aksi kekerasan, anarchisme, premanisme, tindakan brutal, perkelahian pelajar, konsumsi minuman keras, narkoba dan lain-lain. Adapun kontribusi penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui implementasi program Imtaq sebagai upaya penguatan nilai-nilai keagamaan anak di SDN 1 Lembah Sari.(2) Mengetahui Materi-Materi Imtaq yang ditanamkan pada siswa dalam rangka penguatan nilai-nilai keagamaan di SDN 1 Lembah Sari. (3) Mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam program imtaq di SDN 1 Lembah Sari.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Kehadiran peneliti di lapangan sebagai salah satu ketentuan dan kegiatan institusi ada beberapa prosedur birokrasi yang dilalui dengan tujuan untuk mendapatkan kemudahan dan keabsahan dalam proses penelitian. Kehadirian yang cukup lama di lokasi penelitian adalah suatu keniscayaan yang dilakukan dalam mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dengan menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, Interview/wawancara dan metode dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SD 1 Lembah Sari Kecamatan Batu Layar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha dan Siswa. Adapaun metode pengumpulan data  yang digunakan yaitu : Metode Wawancara/Interview, Metode Observasi/Pengamatan, dan Dokumentasi. Adapun  teknik analisa yang digunakan adalah analisis induktif . Adapun keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  ketekunan/keajengan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan telaah bahan referensi. 
Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Islam Majanubil’ilmi Sukamaju Tahun Pelajaran 2016/2017” Lalu Asriadi; Muhammad Musfiatul Wardi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.737 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.526

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 19 Maret 2017, peneliti menemukan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Islam Majanubil’ilmi ternyata masih belum optimal, ini terlihat dari kurangnya penguasaan materi pelajaran oleh guru, metode dan media pembelajaran yang digunakan masih monoton, kurang menguasai kelas yang ditandai dengan kurang kondusifnya suasana di dalam kelas serta kualifikasi guru yang tidak sesuai.[1] Sementara itu, berkaitan dengan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ternyata masih kurang. Hal ini terlihat dari masih adanya siswa yang mengantuk pada saat proses belajar mengajar berlangsung, saling mengganggu antar siswa, tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas, sebagian siswa tidak memiliki catatan lengkap. Berbagai upaya telah dilakukan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa, diantaranya dengan pemberian pelajaran tambahan, menyediakan LKS yang dilengkapi dengan sejumlah soal-soal latihan, tetapi hasilnya masih belum maksimal. Kenyataan tersebut dapat diduga penyebabnya antara lain, siswa kurang memahami konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, siswa kurang termotivasi menyelesaikan tugas-tugas di rumah, minat baca siswa  masih rendah, siswa jarang berani bertanya pada saat proses belajar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  Gambaran kompetensi profesional guru di SD Islam Majanubil’ilmi (2) Gambaran minat belajar siswa di SD Islam Majanubil’ilmi (3) Hubungan antara  kompetensi profesional guru dengan minat  belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Islam Majanubil’ilmi Sukamaju Lombok Timur. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Islam Majanubil’ilmi yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa berada pada kategori sedang dan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan minat belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis menggunakan rumus Pearson Poduct Moment dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Diperoleh hasil r hitung sebesar 0,262. Jika nilai r hitung ini dikonsultasikan dengan  nilai r tabel untuk taraf signifikan 5% atau 1% dengan N = 19, diperoleh r tabel = 0,456 maupun taraf signifikan 1% diperoleh 0,575. Karena r hitung ≤ r tabel untuk kesalahan 5% (0,262 ≤ 0,456), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru dengan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran IPS di SD Islam Majanubil’ilmi. Sehingga hipotesis yang diajukan ditolak.Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar Siswa
Motivasi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Pada Usia Dini Di TK Abu Abdillah Al-Islami Desa Medas Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Husnan Husnan; AHMAD HELWANI
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.504 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.527

Abstract

Membekali anak dengan pendidikan adalah hak anak dan kewajiban bagi orang tua. Untuk itu orang tua harus memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak demi masa depan mereka. Orang tua memiliki motivasi besar untuk mendidik anak anak mereka sejak dini, karena itulah banyak disaksikan dimana-mana bahwa anak-anak kini sudah mulai belajar ketika mereke berumur tiga tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendkatan fenomenoligi diskriptif. Data-data yang didapatkan dari penelitian ini adalah gambaran dilapangan terkait fenomena dan semangat para orang tua yang cukup besar dalam memberikan pendidikan untuk anak-anak mereka sejak dini. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Motivasi orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka di pengaruhi oleh  tiga hal, pertama, para orang tua menginginkan anak menjadi lebih baik dari mereka. Kedua, semaraknya para orang tua yang memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka sejak dini., Ketiga mendidik anak sejak dini adalah bagian dari tren kehidupan saat ini.Kata Kunci,motivasi,pendidikan, usia dini,  deskriptif, tren kehidupan.
Urgensi Manajemen Kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF)Dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram”. Marzoan Marzoan
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.771 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.529

Abstract

Universitas Muhammadiyah Mataram merupakan lembaga Perguruan Tinggi Islam yang memiliki Visi untuk menjadi Universitas yang Islami, mandiri, unggul dan berdaya saing di kawasan ASEAN, Salah satu langkah yang diambil adalah  menjalin kerjasama dengan AMCF.  Tujuan  penelitian ini adalah: (1) Untuk memahami manajemen kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram (2) Untuk memahami bentuk kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram (3) Untuk memahami dampak kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan  AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, dan  triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF) dikembangkan dalam bidang dakwah, pendidikan dan kesehatan. (2) Bentuk kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF) adalah (a) Beasiswa dan Biaya Oprasional berupa biaya kuliyah dan Asrama gratis serta biaya oprasional untuk kegiatan dan pengembangan mahad Khalid bin Walid dan Program Studi KPI (b) Penyelenggaraan Pendidikan, berupa kegiatan pembelajaran di Ma’had yang dilakukan selama 2 tahun dan perkuliyahan pada Program Studi KPI (c) Pemberdayaan Alumni, berupa prekrutan alumni sebagai Da’i dan diberikan tunjangan setiap bulannya oleh AMCF, dan (d) Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), berupa pengkaderan bahasa arab, bidang penelitian, pengabdian dan pengajaran bagi dosen dan karyawan. (3) dampak kerjasama ini adalah Meningkatnya jumlah mahasiswa, meningkatnya jumlah sarana dan prasarana berupa asrama, gedung Ma’had, gedung perkuliyahan, kelinik, masjid dan mobil ambulance, dan Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tercermin dari kemampuan dosen dalam berbahasa arab, melakukan pengabdian dan penelitian.Kata Kunci: Manajemen, Kerjasama, Pengembangan
Urgensi Multimedia Interaktif untuk Meningkatan Pemahaman Materi Tata Bahasa Arab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Mustapa Ali; Aqodiah Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.523

Abstract

Penting difahami bahwa dalam pembelajaran bahasa adalah belajar melalui pengalaman langsung. Jangan pernah mengajarkan satu kosa kata dengan kata “ bayangkan, ini adalah sebuah bola” tanpa membawa media apapun, namun lebih baik ketika guru mengatakan “ ini adalah bola” lebih bermanfaat lagi jika bola itu dapat dipegan atau dilemparkan oleh anak atau siswa. Dari ilustrasi tersebut, tentunya dapat tergambar betapa pentingnya media untuk menyampaikan sebuah pesan, terutama jika audiens pesan tersebut adalah anak-anak. Penelitian ini berjudul Urgensi Multimedia Interaktif untuk Meningkatan Pemahaman Materi Tata Bahasa arab pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam hal ini adalah difokuskan pada pengembangan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada siswa kelas lima V MI.  Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Islam Sekarbela Mataram tahun akademik 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  lima A dan B berjumlah 51 orang. Sasaran penelitian ini merupakan satu obyek penelitian sekaligus sebagai pengguna media Multimedia interaktif saat aktivitas pembelajaran tata bahasa Arab berlangsung. Dalam penelitian ini melibatkan ahli media dalam proses pembuatan, dan dosen bidang studi bahasa Arab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media interaktif  dalam pembelajaran tata bahasa Arab dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini terbukti dari hasil nilai tes yaitu dari post tes, latihan soal dan free tes yaitu interval nilai yang dicapai kelas VA  bervariasi, walaupun demikian pencapaian hasil yang diharapkan sudah sesuai dengan standar kompetensi atau standar ketuntasan, walaupun ada lima orang siswa yang masih mendapatkan nilai kurang dari 70. Dan 20 orang siswa menperoleh nilai 70- 90. Dan nilai untuk kelas V B juga menunjukan hal yang sama walaupun ada perbedaan tingkat pencapaian seperti Dari 25 orang siswa ada delapan siswa yang mencapai nilai di   bawah 70, dan yang lainnya memperoleh nilai 70 sampai 90. walaupun demikian tetap ada peningkatan pemahaman siswa pada materi tata bahasa arab (nahwu)
Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No.1 Boro’ Tumbuh) Muhammad Zulkifli
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.737 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i2.530

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang gambaran tentang pelaksanaan Manajmen Personalia Lembagan Pendidikan Islam, yang dalam ini penulis mempokuskan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta No.1 NW Boro’ Tumbuh, yang berlokasi di Jalan Simpang Kulur Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang pakai adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain : in-depth interviewing, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan pada tulisan ini, termuat beberapa hal, antara lain : 1) Penerapan Manajemen Personalia di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 2) Perencanaan Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 3) Rekrutmen Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 4) Meningkatkan dan Pengembangan Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 5) Promosi dan Mutasi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 6) Pemberhentian Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 7) Penilaian Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 8) Kompensasi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, dan 9) Problem-problem yang dihadapi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh dalam menerapkan sistem manajemen.Kata Kunci : Manajemen Personalia dan Lembaga Pendidikan Islam.
ANALISIS BUKU AJAR (BSE) PAI SD KELAS TINGGI (Studi Analisis di SD 1 Lembah Sari Kec. Batu Layar). Riadi Riadi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1222.834 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i1.1058

Abstract

Selama ini masyarakat secara keras mengkritisi kapasitas guru namun mengabaikan masalah-masalah yang bersumber dari buku ajar. Berbagai macam penyimpangan yang melibatkan anak sekolah patut dicurigai jangan-jangan bukan an sich faktor gurunya melainkan juga mengakar dari buku ajar. Oleh karena itu, dalam rangka menjaga sterilisasi buku ajar dari berbagai kepentingan, perlu dilakukan kajian analisis buku ajar yang dipakai sekolah-sekolah dasar. Dalam hal ini dikupas Bagaimana konten, gambar, pengambilan dalil dan masalah gender mainstreaming dalam buku ajar (BSE) PAI SD kelas tinggi yang digunakan SD 1 Lembah Sari, dan Apa saja kelebihan dan kekurangan buku ajar BSE PAI yang digunakan SD 1 Lembah sari. Jenis penelitian ini adalah Jenis kepustakaan yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku, karya tulis, serta bahan kepustakaan lainnya yang sesuai dengan topic bahasan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskripsi. yakni pendekatan yang menganalisis dengan mendeskripsikan objek kajian dari berbagai perspektif yakni analisis konten, analisis gambar, analisis pengambilan dalil, analisis gender mainstreaming, analisis multicultural dan analisis isu sara. Data temuan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan uraian, analisis dan pembahasan di atas tentang Buku Ajar BSE di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut: Penulis buku ajar sangat menentukan isi (secara umum) sebuah buku ajar. Hal ini dapat dibuktikan setelah dilakukan analisis dari empat perspektif yaitu analisis kontens, analisis gambar, analisis pengambilan dalil dan analisis gender mainstreaming. Dari analisis tersebut setiap item nya terdapat berbagai perbedaan dari ketiga buku ajar BSE tersebut. Salah satu faktor yang sangat mendasar dari perbedaan tersebut disebabkan oleh penulis yang berbeda-beda. 
URGENSI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VA MIN MALANG 2 Mappanyompa Mappanyompa Mappanyompa; Mustapa Ali Mustapa Ali Mustapa Ali
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 2, No 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1271.728 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v2i2.1049

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang sangat kompleks, tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa, akan tetapi sebelum itu guru harus menyiapkan banyak hal dan salah satunya adalah membuat siswa termotivasi, senang dan butuh terhadap pelajaran tersebut sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai harapan. Terutama pada pelajaran bahasa Arab yang cukup sulit untuk siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Oleh sebab itu perlu adanya kondisi belajar yang menyenangkan yang membuat siswa termotivasi, salah satunya adalah dengan membuat media (multimedia interaktif) sehingga materi tidak terasa begitu sulit.
PEMBELAJARAN NILAI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI TK ABA PANTO DAENG SUMBAWA BESAR DAN TK ABA TALIWANG SUMBAWA BARAT Mardiyah Hayati, Aqodiah Mardiyah Hayati, Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 4, No 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.913 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pembelajaran, materi, strategi dan model pembelajarannya Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan dari hasil penelitian dilapangan; Pertama, perlu adanya pendalaman pada penulisan sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat. Kedua, dalam pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ‘Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat ditemukan adanya kesamaan pola pembelajaran. Kesamaan ini dipengaruhi oleh persamaan penguasaan guru terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Ketiga, masih minimnya strategi pembelajaran yang menarik dalam penanaman nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga perlu adanya pola dan model strategi pembelajaran AIK bagi anak usia Taman Kanak-kanak. Keempat, perlu adanya pelatihan bagi guru terkait pemahaman mendalam terhadap konsep ibadah berdasarkan manhaj Muhammadiyah sehingga dalam pembelajaran AIK acuan utamanya adalah Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Abstract:  The purpose of this research is to know how the values of learning, materials, strategies and models of teaching Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar and TK ABA Taliwang West Sumbawa. This research is a field research, and the type of approach used is qualitative with methods of interviews, observations, and documentation. Some conclusions of the research in field; First, there has to be a deepening of the history of Muhammadiyah and Aisyiyah in Sumbawa Besar and West Sumbawa. Secondly, in the study of Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar and TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat found a common pattern of learning. This similarity is influenced by the teacher's mastery equality to the Al Islam material and the Kemuhammadiyahan. Thirdly, there is still a lack of interesting learning strategy in the planting values of Al Islam and Kemuhammadiyahan so there needs to be a pattern and model of AIK learning strategy for children of kindergarten. Fourth, there needs to be training for teachers regarding the deep understanding of the concept of worship based on Muhammadiyah Manhaj so that in the study of AIK main reference is the association of the decision Tarjih Muhammadiyah.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS AWAL DI SDIT NURUL FIKRI SELONG DAN SDN 3 PANCOR LOMBOK TIMUR Lalu Asriadi
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.529 KB) | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v3i1.1054

Abstract

Pendidikan pada era ini tidak cukup dengan sekedar mentransper pengetahuan dan memberikan tugas rumah bagi para siswa dengan judul atau tema yang sudah ditetapkan dalam silabus pelajaran terkait.  Namun tuntutan kementrian ristek saat ini pembelajaran memiliki warna yang berbeda yakni adanya perubahan model kurikulum. Setiap berganti menteri berganti pula kebijakan tidak terlepas dari perubahan kurikulum. Dan yang terbaru saat ini adalah kurikulum 2013 yang belum tuntas sudah diganti dengan kurikulum KKNI. Ini menimbulkan banyak sekali permasalahan yang dirasakan oleh guru, siswa, pegawai dan pemegang kebijakan pendidikan. Oleh karena karena itu dalam penelitian ini membahas tentang pembelajaran tematik integratif, makatidakterlepasdarikurikulum 2013 karen arah dari kurikulum 2013.Terlepas dari masalah di atas, saat ini tidak sedikit sekolah yang berhasil menerapkan model pembelajaran tematik integratif sehingga ditetapkan menggunakan model pembelajaran tematik integratif sampai saat ini, diantaranya adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Selong dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pancor Lombok Timur.Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case studies). Penelitian studi kasus dapat dibedakan menjadi tiga tipe. Pertama, studi kasus ekplanotaris, kedua, eksploratoris, dan ketiga studi kasus deskriftif, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe studi kasus yang pertama, karena tipe ini sangat baik untuk melihat penjelasan berbagai peristiwa yang berbeda ataupun yang sama. Penelitian ini menggunakan desain multikasus , dikarenakan penelitian ini dilakukan di subjek, latar atau tempat penyimpanan data, Dan hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: Kegiaatan  yang dilakukan dalam perencanaan pembelajaran tematik integratif di Sidit Nurul Fikri Selong yaitu sebagai berikut:Pertama,Penyusunan Silabus,  guru belum serius untuk menyusun silabus kurangnya motivasi guru dalam menyusun tema-tema baru,  kurangnya perhatian, pengawasan dan pengarahan dari kepala sekolah. Dan ke dua : pembelajaran tematik integratif di SDN 3 Pancor terdiri dari hal-hal sebagai berikut:, pengkajian silabus, pengkajian silabus  silabus dan tema-tema pembelajaran seutuhnya telah di persiapkan oleh pemerintah, pengkajian silabus tidak dilakukan secara bersama-sama tetapi bersifat individual.   

Page 1 of 10 | Total Record : 96