JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 9, No 2 (2019): JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA (JBSP)

TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK SITI KHADIJAH BANJARMASIN

Arum Murdianingsih (Politeknik Negeri Tanah Laut, Jl. Ahmad Yani km. 6, Kabupaten Tanah Laut)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2019

Abstract

Abstract Directive and Expressive Speech Acts for Early Childhood 5-6 Years at SitiKhadijah Kindergarten in Banjarmasin. This study aims to describe the form andfunction of the children directive and expressive speech acts at Siti KhadijahKindergarten in Banjarmasin. This study uses a qualitative approach. Sources ofdata were obtained from children who attended Siti Khadijah Kindergarten inBanjarmasin and the data analyzed in this study were directive and expressivetypes of speech in early 5-6 years old children. The research results obtained inthis study can be summarized as follows: (1) directive speech acts forms that is (a)requestives, (b) questions, (c) requirement, (d) prohibitions, (e) advisories, whilepermissives is not found in the child's speech; (2) the forms of expressive speechacts that is (a) apologizing, (b) thanking, (c) congratulations and praise, (d)condoling, (e) deploring, (f) lamenting, (g) boasting , and the form of expressivespeech acts such as forgiving and welcoming are not found in the child's speech;(3) the functions of the directive and expressive speech acts are to declare, toorder, and to ask. Key words: directive speech act, expressive speech act, early childhood Abstrak Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK SitiKhadijah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan fungsi dari tindak tutur direktif dan ekspresif pada anak di TK Siti Khadijah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datadiperoleh dari anak-anak yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak Siti KhadijahBanjarmasin dan data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturanjenis direktif dan ekspresif pada anak usia dini 5-6 tahun. Hasil penelitian yangdiperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentukbentuktindaktuturdirektifberupa(a)permintaan,(b)pertanyaan,(c)perintah,(d)larangan,(e) nasihat, dan bentuk tindak tutur direktif berupa persilaan tidakditemukan dalam tuturan anak; (2) Bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif berupa (a)meminta maaf, (b) berterima kasih, (c) ucapan selamat dan memuji, (d)berbelasungkawa, (e) menyesalkan, (f) meratap, (g) membanggakan diri, danbentuk tindak tutur ekspresif berupa memberi maaf dan menyambut tidakĀ ditemukan di dalam tuturan anak; (3) Tindak tutur direktif dan ekspresif inimemiliki fungsi untuk menyatakan, memerintah, dan menanyakan. Kata-kata kunci: tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, anak usia diniĀ 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbsp

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA diterbitkan sejak 1 April 2011 oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) dengan Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Cabang Universitas Lambung Mangkurat, ...