Akta Kimia Indonesia
Vol 4, No 1 (2019)

UPAYA re-PRODUKSI SUMUR TUA CEKUNGAN WONOCOLO MELALUI KARAKTERISASI GEOKIMIA ORGANIK

R. Y Perry Burhan (Chemistry Department Institut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus ITS Keputih Sukolilo Surabaya-60111)
Yulfi Zetra (Chemistry Department Institut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus ITS Keputih Sukolilo Surabaya-60111)
Pusparatu Pusparatu (Unknown)
Zjahra Vianita Nugraheni (Chemistry Department Institut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus ITS Keputih Sukolilo Surabaya-60111)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Penelitian yang dilakukan terhadap biomarka fraksi hidrokarbon alifatik menunjukkan adanya senyawa n-alkana (n-C13 - n-C27); isoprenoid pristana (Pr) dan fitana (Ph); 4,4,8,9,9-pentametildekalina; 4-b-(H)-eudesmana; 8-b-(H)-drimana; 2,3,6,9,9-pentametildekalina dan 8-b-(H)-homodrimana. Pola distribusi kelompok biomarka n-alkana ditunjukkan oleh persebaran unimodal n-C13 - n-C27, yang menunjukkan asal usul senyawa organik sedimen terdistribusi merata berasal dari fitoplankton dan zooplankton, bakteri dan tumbuhan tingkat tinggi. Rasio Pr > Ph merupakan indikator lingkungan pengendapan oksik dengan kadar garam yang rendah. Adanya senyawa 4-b-(H)-eudesmana mengindikasikan senyawa organik berasal dari tumbuhan darat tingkat tinggi konifer yang tumbuh pada zaman Devonian Akhir. Keberadaan senyawa 8-b-(H)-drimana mengindikasikan adanya masukan alga hijau, plankton dan bakteri Botryococcus braunii. Namun tingginya kelimpahan senyawa 8-b-(H)-homodrimana dibandingkan kelompok senyawa sesquiterpena lainnya merupakan indikator senyawa organik yang berasal dari tumbuhan darat tingkat tinggi. Kontribusi biomarka yang berhasil diungkapkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sedimen sumur tua Wonocolo ini adalah unik dan menarik untuk dipelajari lebih lanjut karena senyawa organiknya variatif, berasal dari bakteri, plankton dan tumbuhan darat tingkat tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Akta Kimia Indoneisa publishes peer-reviewed open access articles in all areas of chemistry, including: Analytical Chemistry Physical Chemistry Organic Chemistry Inorganic Chemistry Biological Chemistry To submit an article, you need to register first. Please click register in ...