Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil
Vol 8, No 1 (2019): FEBRUARI 2019

PERBANDINGAN PENGARUH METODE PENEMPATAN VSL GENSUI DAMPER TERHADAP KINERJA SEISMIK STRUKTUR BETON BERTULANG (GEMPA WILAYAH SURABAYA)

Giovanni Bunardi (Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Richard Jordan Citra (Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Pamuda Pudjisuryadi (Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Benjamin Lumantarna (Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2019

Abstract

Permasalahan efisiensi penggunaan damper muncul karena penempatan damper pada umumnya dipakai adalah dipasang dari lantai bawah sampai lantai atas dengan jumlah yang sama (dalam paper ini disebut metode uniform). Pada penelitian ini dikaji dan membandingkan antara metode SSSA, metode uniform, metode yang telah diusulkan oleh penelitian terdahulu (SSSAmod) serta metode yang diusulkan pada penelitian ini (Proposed Method). Metode-metode ini akan diterapkan pada 4 bangunan 10 lantai yang memiliki desain yang berbeda sesuai dengan peraturan SNI 03-1726-2002. Performa dari masing-masing metode akan dievaluasi melalui interstory drift dan damage index. Analisa menggunakan non-linear direct integration time history dengan program SAP2000 v.18.2. Jenis damper yang digunakan adalah damper viscoelastic dari VSL Gensui Damper. Beban gempa 2500 tahun disesuaikan dari SNI 1726:2012, diterapkan pada kota Surabaya pada keempat bangunan dan Kupang pada bangunan ke-3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan metode SSSAmod lebih efektif dibandingkan metode lainnya, namun dalam kasus bangunan soft story, metode SSSA lebih unggul dari metode lainnya. Sedangkan untuk Proposed Method pada bangunan pertama menunjukkan indikator penempatan damper yang buruk dibanding ketiga metode lainnya, sehingga metode ini tidak dilanjutkan dalam penelitian bangunan lainnya. Ditemukan juga bahwa penambahan damper berakibat pada penambahan base shear bangunan sehingga memberi tanda bahaya pada pondasi existing bangunan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

teknik-sipil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil yang diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini pertama kali terbit pada bulan Agustus 2012. Tujuan dari penerbitan jurnal ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyebarluaskan hasil penelitian bersama dengan dosen ...