Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling (BK), alasan subjek penelitian diterapkannya pendidikan karakter oleh guru BK dan hasil pendidikan karakter yang diterapkan oleh BK di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur. Selain itu penelitian ini dalam melengkapi data dengan mewawancarai significant person sebagai triangulator. Hasil penelitian pendidikan karakter oleh guru BK di sekolah menengah atas adalah faktor pendukung pendidikan karakter di sekolah A adalah komponen sekolah yang sudah bisa menjadi uswatun hasanah, menggunakan sistem asrama. Sedangkan faktor penghambatnya kurang memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh para guru untuk menjadi public figure bagi peserta didik. Faktor pendukung di sekolah B adalah adanya kerjasama dan komunikasi yang solid, fasilitas mengajar yang lengkap dan mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adanya beberapa pihak yang belum paham tentang tujuan penerapan pendidikan karakter di sekolah. Faktor pendukung di sekolah C adalah lingkungan atau suasana sekolah yang kondusif dan mendukung, selain itu kegiatan yang diadakan di sekolah sudah ruti dan terjadwal. Sedangkan faktor penghambatnya tidak seimbangnya antara jumlah guru BK dan peserta didik, kemauan peserta didik itu sendiri. Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Guru BK
Copyrights © 2013