RAUDHAH
Vol 7, No 1 (2019): RAUDHAH

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KAMAL

Reka Zahara (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
khadijah khadijah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Ramadhan Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah menerapkan metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Kamal Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan, peneliti menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat keberhasilannya. Pada Pra siklus terdapat 8 anak (53,3%) belum berkembang dan 7 anak (46,7%) mulai berkembang dan pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan, sudah mulai terjadi peningkatan yang membaik. Pada pertemuan 1 semua anak 15 orang (100%) tergolong mulai berkembang. Pada pertemuan 2 dari 15 orang anak yang memiliki perkembangan 7 orang anak (46,7%) mulai berkembang dan 8 orang anak (53,3%) tergolong berkembang sesuai harapan sehingga perlu kiranya melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yang dilaksanakan peneliti dengan memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk meningkatkan kognitif anak dengan maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang signifikan, pada pertemuan 1 ada 1 orang anak (7,1%) tergolong mulai berkembang, 12 orang anak (80%) tergolong berkembang sesuai harapan, 2 orang anak (13,3%) tergolong berkembang sangat baik. Pada pertemuan ke 2 meningkat 10 orang anak (66,7%) tergolong berkembang sangat baik dan 5 orang anak (33,3%) tergolong berkembang sesuai harapan.

Copyrights © 2019