RAUDHAH
Vol 7, No 1 (2019): RAUDHAH

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA DIRI SENDIRI DI TK A PAUD KHAIRIN KIDS MEDAN TEMBUNG

Raisah Armayanti Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui untuk mengetahui: 1) implementasi pembelajaran tematik dengan tema diri sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik dengan tema diri sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Lokasi Penelitian terletak di Paud Khairin Kids Medan Tembung Jl Tuamanag No. 85 Kel Sidorejo Hilir Kec. Medan Tembung Sumut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1).Implementasi pembelajaran tematik TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung dilakukan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam perencanaan pembelajaran guru mengembangkan tema yang dituangkan pada prota, prosem, RPM, dan RPH. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan dengan tiga tahap pembelajaran yaitu kegiatan pembuka , inti dan penutup. Sedangkan penilain pada pembelajaran tematik dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tematik adalah sarana dan prasarana, metode yang beragam/ bervariasi, seedangkan factor penghambat yaitu kurangkanya pemahaman guru dalam membuat perangkat perencanaan pembelajaran ,usia anak 4-5 tahun sulit memahami materi dalam pembelajaran tematik dan kurangnya kemampuan guru dalam melakukan penilaian dalam pembelajaran tematik.

Copyrights © 2019