Nizhamiyah
Vol 9, No 2 (2019): NIZHAMIYAH

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD UNIV. QUALITY MEDAN TAHUN AKADEMIK 2019-2020

Gemala Widiyarti (Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mahasiswa dalam materi EYD dengan menggunakan pembelajaran Metode Demonstrasi dengan Pembelajaran Konvesional di semester 1 mahasiswa PGSD Universitas Quality Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test essay sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas 2A22 = 48,57 dan rata-rata hasil belajar Vb = 47,14. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas 2A22 dengan menggunakan Metode Demonstrasi dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 80,13 sedangkan hasil belajar pada kelas 2A23 dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 74,95. Berdasarkan perhitungan ujii hipotesis dengan uji bk untuk data kelas 2A22 dengan metode Demonstrasi dan kelas 2A23 dengan pembelajaran Konvesional diperoleh Xhitung ( X2) = 33,03 dan X tabel =5,99 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada X tabel . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Demonstrasi diperoleh diperoleh nilai rata-rata 80,13, hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 74,95, Hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 mahasiswa PGSD, hasil belajar dengan menggunakan konvensional kurang signifikan karana cara belajar menggunakan Kovensional kurang menarik pada belajar untuk Mahasiswa di semester 1 PGSD Universitas Quality Medan Tahun akademik2019-2020

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nizhamiyah

Publisher

Subject

Education

Description

1. Profesionalisme guru dalam Pendidikan Dasar Islam 2. Pengembangan dan Desain Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 3. Penerapan dan Pengembangan bidang studi atau mater Pelajaran Pendidikan Dasar Islam 4. Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 5. Manajemen ...