cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
nizhamiyah@uinsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Jl. Williem Iskandar Psr. V Medan Estate – Medan 20731 Telp. 061- 6622925 – Fax. 061 – 661568
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Nizhamiyah
ISSN : 20864205     EISSN : 28302826     DOI : -
Core Subject : Education,
1. Profesionalisme guru dalam Pendidikan Dasar Islam 2. Pengembangan dan Desain Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 3. Penerapan dan Pengembangan bidang studi atau mater Pelajaran Pendidikan Dasar Islam 4. Model, Strategi, dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Dasar Islam 5. Manajemen pendidikan dasar dalam Pendidikan Dasar Islam 6. Penggunaan Media dan teknologi pada Pendidikan Dasar Islam 7. Integrasi berbasis Wahdatul Ulum dalam Pendidikan Dasar Islam 8. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam 9. Filsafat Pendidikan Dasar Islam 10. Kebijakan dalam Pendidikan Dasar Islam
Arjuna Subject : -
Articles 120 Documents
PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA MATA KULIAH IPS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PGMI 4 SEMESTER IV FITK T.P. 2016/2017 EKA YUSNALDI
NIZHAMIYAH Vol 7, No 2 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.103 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i2.186

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan sosial mahasiswa melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada matakuliah IPS di PGMI 4 Semester IV FITK T.P.2016/2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial mahasiswa melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada matakuliah IPS di PGMI 4 Semester IV FITK T.P.2016/2017. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI 4 Semester IV FITK T.P.2016/2017 sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 orang mahasiswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan keterampilan sosial mahasiswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di PGMI 4 Semester IV FITK T.P.2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan pada setiap akhir siklus dilakukan observasi untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan sosial mahasiswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kategori persentase keterampilan sosial mahasiswa hasil observasi siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 46,67%, siklus I pertemuan II termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 33,33%, siklus siklus II pertemuan I termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 53,33%, dan siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,00%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa pada pelajaran IPS di PGMI 4 Semester IV FITK T.P.2016/2017.
METODE PERUMPAMAAN DALAM PRAKTIK MENGAJAR RASULULLAH Junaidi Arsyad
NIZHAMIYAH Vol 7, No 1 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.566 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i1.148

Abstract

Salah satu sarana efektif dalam mendidik antara lain melalui metode perumpamaan yang dalam keseharian dikenal dengan istilah amsal atau tamsil, yaitu memanfaatkan perumpamaan atau tamsil tertentu untuk memberikan pengajaran. Metode amṡal ini kerap kali di pergunakan Rasulullah dalam pendidikannya kepada para sahabatnya. Melalui metode amṡal ini, peserta didik akan mudah tersentuh jiwanya dan membuatnya lebih mudah terpengaruh, lebih meresap dan lebih lama bertahan. Dari beberapa literatur Islam, ditemukan banyak sekali perumpamaan. Seperti, mengumpamakan orang yang lemah laksana kupu-kupu, orang yang tinggi seperti jerapah, orang yang berani seperti singa, orang gemuk seperti gajah, orang kurus seperti tongkat, orang ikut-ikutan seperti beo, dan lain sebagainya. Para pendidik disarankan untuk mencari perumpamaan yang baik ketika berbicara dengan anak didik. Sebab, perumpamaan itu akan melekat pada pikirannya dan sulit dilupakan.
AKTIVITAS RASULULLAH SEBAGAI PENDIDIK Juaidi Arsyad
NIZHAMIYAH Vol 6, No 2 (2016): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.588 KB) | DOI: 10.30821/niz.v6i2.67

Abstract

As an educator, Rasulullah (pbuh) succeeded in building communities of societies most barbaric be the most civilized society, of an ignorant society into a society which is educated. During thirteen years in Mecca and ten years in Medina, he has managed to become a successful educator who later gave birth to many characters the message of God’s future generations. They are students of upbringing of the Prophet. In the view as teachers, educators enrich themselves is very important in developing a professional attitude as a teacher by ensuring that data and information about the activities of the Prophet as an educator. By studying the Prophet’s educational activity is expected educators undergo more spirit professionalism and hopefully be able to emulate and imitate his every move as being an exemplary teachers.Keywords:Activities, Education
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK RORA RISKY WANDINI
NIZHAMIYAH Vol 7, No 2 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.277 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i2.191

Abstract

Munculnya kurikulum 2013 yang menekankan pengembangan sikap (karakter) membuat tugas seorang pendidik bukan hanya sebagai orang yang mentrasferkan pengetahuan saja, tetapi berkewajinan membentuk karakter peserta didik. Kematangan karakter menjadi tolak ukur kualitas pribadi seseorang. Pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam matapelajaran merupakan salah satu cara yang dapat diambil oleh pendidik dalam hal pemenuhan terhadap kurikulum 2013.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 01 BINJAI Wardati Khumairah Rusdi
NIZHAMIYAH Vol 7, No 1 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.549 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i1.153

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Matematika. Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah hasil belajar  siswa yang kurang memuaskan pada  mata  pelajaran  matematika kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika melalui  model pembelajaran  kooperatif tipe Numbered  Head Together  (NHT).  Subjek   penelitian   ini   adalah  siswa  kelas  VI SD Muhammadiyah 01 Binjai yang berjumlah 18 siswa, tahun ajaran 2017. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc.  Taggart. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data  kuantitatif.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  tes  tertulis,  lembar observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara  reduksi  data,  penyajian   data,  dan  penarikan kesimpulan.  Berdasarkan  hasil  tes penelitian tindakan kelas Pre Test diperoleh ketuntasan klasikal 5,56%, siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50 % . Pada siklus II ketuntasan klasikal 100%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai.
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM: UPAYA PENGENALAN NILAI-NILAI ISLAM YANG UNIVERSAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI DUNIA PENDIDIKAN Muhammedi Muhammedi
NIZHAMIYAH Vol 6, No 2 (2016): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.87 KB) | DOI: 10.30821/niz.v6i2.72

Abstract

Multicultural education is a philosophy that emphasizes the significance, legitimacy and vitality of ethnic and cultural diversity in shaping the lives of individuals, groups and nations. Objectives of Islamic Education is multicultural education that respects and embraces all forms of diversity. Thus it can be expected to grow wisdom in seeing all forms of diversity that exists. Islam is perfect and complete. (Kamil-mutakamil). Therefore all aspects of life would have been discussed and disyari'atkan in it. Example of tolerance, dialogue and consultation, mutual help, silaturrahim, fraternity and others.Key word: education, multicultural, perspective, Islam
THE IMPLEMENTATION OF PICTURE SERIES MEDIA TO IMPROVE PGMI ’S STUDENTS ABILITY IN SPEAKING RIRIS NUR KHOLIDAH
NIZHAMIYAH Vol 6, No 1 (2016): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.327 KB) | DOI: 10.30821/niz.v6i1.26

Abstract

The problems of this research were how to improve speaking ability using series of picture and how to motivate the students to speak English. The research was guided by a conceptual framework leading to the using series of pictures through pair work to improve their motivation to speak English during the process of classroom communication interaction. The research type was an action research. The subject consisted of 20 students of PGMI 2014/2015 academic years. The research data were collected using test (test after first treatment and test after the second treatment), observation for collecting data on the students’ motivation in improving speaking ability using series pictures. Data on speaking ability using series of picture were analyzed using the descriptive and statistic analysis, using the increasing of mean after the first and the second treatment. The study concluded that using series of pictures through pair work as a teaching strategy variation has brought a new nuance in English language teaching in improving their ability to speak English
BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK / ENGKRANG RORA RISKY WANDINI
NIZHAMIYAH Vol 8, No 1 (2018): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.621 KB) | DOI: 10.30821/niz.v8i1.253

Abstract

Permainan engklek atau engkrang ini adalah suatu pemain tradisional yang dimana anak anak dahulu bermain dengan cara melemparkan gacok atau kuntil kedalam kolom kolom yang kosong dimana kolom tersebut dimainkan dengan cara diangkat kaki satu tanpa memijak gacok kita yang berada didalam kolom yang lain,permain ini juga bermacam macam pariasi, dari pariasi dimana yang berbentuk rumah, bentuk lemari dan ada juga berbentuk manusia, maka pembahasan hari ini kita menggunakan permainan engklek dengan bentuk manusia. Dan permainan ini akan dikombinasikan dalam pembelajaran mengenal bagun datar. Tujuannya adalah  untuk mengingat dan menambah pengetahuan anak tentang bangun datar dengan cara bermain agar anak dapat mengimplementasikan dikehidupan sehari hari sehingga ketika mereka memainkan permainan ini maka daya ingat mereka tentang bangun datar itu lebih cepat ditangkap selain itu mengingatkan anak pada permainan permainan tradisional. Permainan ini dapat dikombinasikan dengan berbagai macam strategi, dan dalam tulisan ini akan dikombinasikan dengan strategi CTL (Contextual Teaching Learning).
PENDIDIKAN ISLAM: MENGUAK SEJARAH PERKEMBANGAN MADRASAH HINGGA ERA NIZAMIYAH Fatkhur Rohman
NIZHAMIYAH Vol 7, No 2 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.218 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i2.187

Abstract

Tulisan singkat ini akan menguraikan sejarah perkembangan Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya madrasah dijadikan sebagai evolusi lembaga pendidikan Islam. Pendidikan Islam berawal dari kuttab (tempat belajar membaca dan menulis) dengan bimbingan guru khusus, kemudian berkembang pada pendidikan di masjid, masjid khan (maksud disini adalah masjid sebagai lembaga pendidikan) yang dilengkapi dengan sebuah asrama bagi siswanya, hingga sampai berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan yang disebut dengan Madrasah.
KURSUS PRIVAT AGAMA ALTERNATIF PENDIDIKAN ISLAM BAGI MASYARAKAT PERKOTAAN Rosdiana Abu Bakar
NIZHAMIYAH Vol 7, No 1 (2017): NIZHAMIYAH
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.821 KB) | DOI: 10.30821/niz.v7i1.149

Abstract

Kursus privat agama adalah jenis aktifitas pendidikan Islam yang bersifat in atau non formal. Jenis pendidikan ini dilakukan secara individual atau kelompok kecil di tengah masyarakat, dengan materi utama pengajaran dan bimbingan keagamaan atau penyampaian ajaran Islam. Kegiatan pendidikan Islam tersebut, muncul dan berkembang di wilayah perkotaan, dan semakin marak di era globalisasi dan industrialisasi, sebagai bagian integral dari proses alamiah peningkatan kualitas keberagaman kaum Muslimin. Kursus ini, di wilayah perkotaan telah menjelma sebagai kegiatan dakwah dan pendidikan Islam secara massal, menembus berbagai sentra kehidupan masyarakat, dengan aneka kemungkinan pelaksanaannya seperti di rumah tangga, perbankan, perkotaan, rumah sakit, hotel, dan lain-lain. Kehadiran kursus privat agama kiranya merupakan alternatif atau jalan keluar untuk mengisi kekosongan dan kebelumsempurnaan peran beberapa lembaga dan aktifitas pendidikan Islam dalam menjalankan perannya, khususnya dalam rangka mendukung peningkatan kualitas keberagaman kaum Muslimin di perkotaan.

Page 1 of 12 | Total Record : 120