Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, yaitu kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah.Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika berbasis strategi metakognitif.Pengembangan modul matematika ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey.Kriteria kevalidan dan keefektivan digunakan oleh peneliti untuk menentukan modul matematika yang baik. Validasi modul yang dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang praktisi memperoleh nilai rata-rata total validitas adalah 4,58 dengan kriteria valid. Modul matematika berbasis metakognitif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMA Negeri 3 Gunungsitoli yang dikembangkan adalah efektif. Pada uji coba I diperoleh hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan nilai rata-rata 2,73 dan pada uji coba II diperoleh hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan nilai rata-rata 3,16. Berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa.
Copyrights © 2018