Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 3, No. 2, Januari-Juni 2019

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN BACAAN DAN GERAKAN SHALAT PADA PEMBELAJARAN FIQIH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ILMI BANJARBARU

Sari Kumala (UNISKA Banjarmasin)
Abdul Hafizh (UNISKA Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Media Audio Visual dalam Kemampuan Mempraktikkan Bacaan dan Gerakan Shalat pada Pembelajaran Fiqih. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah siswa 27 orang. Metode yang di pakai adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik tes, yang di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 23 peserta didik, dengan persentase: N = x 100 % = 67% . sedangkan peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 9 Peserta didik dengan persentase N= x 100%= 33%. Jika dilihat pada item setiap aspek dapat disimpulkan bahwa peserta didik masih banyak yang hanya cukup menguasai dalam hal berzikir dan berdo’a sesudah shalat. Sedangkan yang mencapai tingkat menguasai dengan baik adalah pada aspek membaca surah Al Fatihah. Kesimpulannya bahwa Kemampuan Mempraktikkan Bacaan dan Gerakan Shalat dapat ditingkatkan dengan media audio visual.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...