Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 3, No. 2, Januari-Juni 2019

PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERITA DIMADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ILMI BANJARBARU

Tutus Rani Arifa (UNISKA Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dalam keterampilan menulis cerita pada siwa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Banjarbaru setelah diterapkannya media gambar seri dalam proses pembelajaran. Adapaun penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana penerapan Media Seri dalam Keterampilan Menulis Cerita di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Banjarbaru, 2) Apakah penerapan media seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita di Madrasah Ibtidaiyah darul Ilmi Banjarbaru. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan menulis cerita di madrasah Ibtidaiyah darul Ilmi Banjarbaru Berdasarkan hasil analisis, peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 27 orang dari 34 orang peserta didik, dengan persentase yang dihitung dengan rumus sebagai berikut : N = 27/34 x 100% = 79 % dari 34 peserta didik. Sedangkan, peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM ( 75 ) sebanyak 7 peserta didik, dengan persentase yang dihitung dengan rumus sebagai berikut : N= 7/34x 100 % = 21 % dari 34 pserta didik Kemampuan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Banjarbaru , secara umum bisa dikatakan baik dari sebelumnya, peserta didik mampu menuangkan ide/gagasan dalam bentuk keterampilan menulis cerita dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...