Mechanova
Vol 3 (2014): Semester genap 2014-2015

OPTIMASI SPOILER DENGAN BENTUK MULTI-ELEMENT AIRFOIL

Temmy Lukito (Petra Christian University)
Teng Sutrisno (Petra Christian University)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Aerodinamika pada dunia otomotif terus dikembangkan untuk menghasilkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar serendah mungkin. Kendaraan dengan konsumsi bahan bakar rendah cenderung sulit untuk dikendalikan pada kecepatan tinggi. Spoiler merupakan komponen aksesoris pada mobil yang bertujuan untuk menambah downforce sehingga kendaraan memiliki traksi lebih besar pada kecepatan tinggi dan lebih mudah untuk dikendalikan.   Multi-element airfoil adalah dua atau lebih airfoil yang tersusun dan telah diaplikasikan pada pesawat terbang dan pada kendaraan Formula 1 dengan nama drag reduction system (DRS). Spoiler dengan bentuk inverted airfoil dilakukan optimasi untuk dijadikan inverted multi-element airfoil pada penelitian ini. Tahap pada penelitian ini adalah mengoptimasikan single element airfoil menjadi bentuk cut single element airfoil yang selanjutnya diproses menjadi multi-element airfoil.Spoiler dengan bentuk multi-element airfoil memiliki nilai lift/drag yang lebih baik dibandingkan single element airfoil. Gaya drag mengalami penurunan dan gaya lift mengalami peningkatan pada spoiler dengan bentuk multi-element airfoil. Nilai lift/drag meningkat sebesar 52,7%, gaya lift meningkat sebesar 25,7%, dan gaya drag menurun sebesar 17,68%. Maka, spoiler dengan bentuk multi-element airfoil lebih baik diaplikasikan daripada spoiler dengan bentuk single element airfoil.

Copyrights © 2014