FaST : Jurnal Sains dan Teknologi
Vol 3, No 2 (2019): NOVEMBER

PENGARUH FERMENTASI BAKTERI ASAM LAKTAT TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KADAR ANTOSIANIN BUAH DUWET (Syzygium cumini)

Kam Natania (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Bakteri Asam Laktat memiliki kemampuan untuk menguraikan senyawa fenolik yang berkorelasi terhadap aktivitas antioksidan dari buah dan sayuran. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh perubahan dari senyawa fitokimia dan aktivitas antioksidan dari buah duwet, yang difermentasi dengan beragam jenis bakteri asam laktat. Buah Duwet kaya akan antioksidan, terutama disebabkan oleh kandungan antosianinnya.  Bakteri asam laktat yang digunakan didalam penelitian ini adalah  Lactobacillus plantarum yang  merupakan bakteri asam laktat heterofermentatif dan  Lactobacillus acidophilus bakteri asam laktat yang bersifat homofermentatif dan bakteri asam laktat alami yang berasal dari proses fermentasi garam.  Buah duwet yang sudah difermentasi kemudian di maserasi dengan menggunakan senyawa polar dan kemudian dianalisa kandungan fitokimia dan aktivitas antiosidannya selama 24 hari fermentasi. Dari hasil analisa terlihat jenis bakteri asam laktat dan lama periode fermentasi mempengaruhi perubahan kandungan fitokimia dan aktivitas antioksidan dari buah duwet. Aktivitas antioksidan tertinggi didapatkan dari buah duwet yang difermentasi oleh Lactobacillus plantarum dengan peningkatan aktivitas antioksidan 64.03% lebih tinggi setelah 17 hari fermentasi dan diikuti oleh peningkatan  total fenolik, flavonoid dan antocyanin sebesar  101.11, 123.54, dan 56.34%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FaSTJST

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science

Description

Started in 2017, FaST publishes articles in the areas of science and technology, particularly in food technology, biology, electrical engineering, industrial engineering, mathematics and civil engineering. Articles are either reviews and/or research ...