Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

STRATEGI GURU MENUMBUHKAN INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA DI SD NEGERI 1 KOBER

Hani Kurniati (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Aji Heru Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Santhy Hawanti (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Interaksi pembelajaran yang menjadi salah satu faktor yang menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Diperlukan strategi yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan interaksi siswa pada pembelajaran di sekolah dasar. Analisis data yang digunakan peneliti ini yaitu tahapan-tahapan pelaksanaan analisis tematik dari Hayes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasih. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi guru dalam menumbuhkan interaksi siswa pada pembelajaran di sekolah dasar yang digunakan oleh guru menjadi tiga bagian, yaitu  1) Pembelajaran di luar kelas 2) pengaturan tempat duduk, 3) Penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Interaksi Siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...