Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 2, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ading Muslihudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis akan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kondisi ditunjukkan dari sebagian besar siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD N 1 Suganangan,  Kabupaten Kuningan yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang harus dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembarpenilaian observasi guru dan siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi IPS karena siswa pada saat pembelajaaran dilatih untuk mencari permasalahan, mencari informasi untuk mengatasi permasalahan secara mandiri sehingga siswa mampu untuk memecahkan permasalahan dunia nyata sesuai dengan tahap-tahap model Problem Based Learning. Adanya penguasaan materi yang dimilki oleh pesera didik dalam memahami mater, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga maksimal. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor nilai kemampuan berpikir kritis pada siklus I dengan rata-rata 74 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh niali rata-rata 82 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dibantu dengan media Kokami dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi IPS di kelas IV SD N 1 Suganangan Kabupaten Kuningan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...