Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa

PENGARUH EMPLOYEE EMPOWERMENT TERHADAP SERVICE QUALITY DI INDONESIAN RESTAURANT

Jessica Devy Santoso (Unknown)
Jessica Suhud (Unknown)
Deborah Christine Widjaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2014

Abstract

Industri restoran dan cafe di Indonesia tengah berkembang pesat, restoran golongan Indonesian restaurant di Surabaya pun makin banyak bermunculan sehingga hal ini mengakibatkan persaingan antar restoran yang sejenis semakin ketat. Restoran Ikan Bakar Cianjur, Rumah Makan Handayani, dan Resto Kapulaga merupakan contoh dari Indonesian restaurant yang akrab di kalangan masyarakat Surabaya, dan ketiganya perlu memperhatikan persaingan bisnis restoran yang makin kompetitif saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employee empowerment terhadap service quality di Indonesian restaurant, agar restoran dapat meningkatkan service quality yang diberikan kepada pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode SEM dengan smart PLS software. Hasil penelitian menunjukkan employee empowerment berpengaruh secara positif terhadap service behaviour dan job satisfaction, dan job satisfaction terhadap service quality, sedangkan employee empowerment terhadap service quality, dan service behaviour terhadap service quality berpengaruh secara negatif.

Copyrights © 2014