Journal of Health Science and Prevention
Vol. 3 No. 2 (2019): JHSP Vol 3 No 2 - 2019

Determinan Kesehatan Lingkungan pada Pasien TB Paru di Daerah Pesisir Kota Surabaya (Studi Wilayah Kerja Puskesmas Kenjeran)

Muh Zul Azhri Rustam (STIKES Hang Tuah Surabaya)
Ayu Citra Mayasari (STIKES Hang Tuah Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2019

Abstract

Penyakit TB Paru merupakan penyakit infeksius dan menular sampai saat ini masalah kesehatan masyarakat. Hasil studi pendahuluan penduduk yang berada didaerah pesisir diperoleh kesehatan lingkungan rumah masih ada beberapa yang belum memenuhi syarat rumah sehat. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh kesehatan lingkungan rumah pada pasien TB paru di Puskesmas Kenjeran Surabaya. Desain penelitian yang digunakan case control study dengan pendekatan retrospektif. Sampel pada penelitian menggunakan rasio 1:1 dengan jumlah 66 untuk kasus dan 66 untuk kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasional, kuesioner, luxmeter dan hygrometer dilakukan dengan cara simple random sampling. Data dianalisis menggunakan Chi-Square. Hasil yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara humanian space, kelembaban, pencahayaan, ventilasi udara dan jenis dinding rumah terhadap Pasien TB di pesisir Surabaya dibuktikan dengan analisis data diperoleh nilai p-value< 0,05. Hal ini dikarenakan sebagian besar kondisi rumah responden yang terdapat diwilayah pesisir sangat padat penduduknya dalam satu rumah sehingga suplai oksigen didalam tubuh kurang dan ditunjang juga dengan luas ventilasi udara kurang maksimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jhsp

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

JHSP is an Open Access, double blind peer-reviewed, biannualy journal in the field of public health sciences and prevention. The aim of the journal is to stimulate dissemination of knowledge in the public health field in order to improve efficacy, effectiveness and efficiency of public health ...