Al-Khidmah
Vol 2, No 2 (2019): AL-KHIDMAH (Desember)

Evaluasi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Swamedikasi dan Penggunaan Obat yang Rasional (POR) Menggunakan Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA)

Inarah Fajriaty (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Siti Nani Nurbaeti (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Hadi Kurniawan (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Fajar Nugraha (Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Swamedikasi adalah penggunaan obat tanpa resep atau upaya seseorang dalam mengobati gejala penyakit tanpa melakukan konsultasi ke dokter. Permasalahan yang muncul saat ini adalah pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi dan penggunaan obat yang rasional (POR) masih rendah. Sehingga tujuan terapi tidak tercapai. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi tingkat pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi dan penggunaan obat yang rasional melalui kegiatan KKN-PPM. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Untan di desa di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan metode cara belajar insan aktif (CBIA). Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat sebesar 17, 59%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alkhidmah

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Al-Khidmah ISSN 2620-7788 (Print) dan ISSN 2620-7796 (Online) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasi hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Al-Khidmah merupakan jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Pontianak. ...