EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Surani Oktavia (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia)
Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia)
Lusi Marleni (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri yaitu SD 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk masalah ini untuk implementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya minat belajar siswa pada tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan hingga Februari hingga Mei 2019. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar tahun 2018-2019 jumlah siswa sekolah 23 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kemampuan pre-action minat siswa dalam belajar tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas 4 SD Negeri 016 Tanah Merah masih mencapai persentase 59% atau diklasifikasikan sebagai kurang minat. Pada siklus pertama, meningkat menjadi 75% atau tergolong cukup tertarik. Pada siklus kedua, kemampuan minat siswa dalam mempelajari tema 9 sub tema 3 pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 016 Tanah Merah dikategorikan sangat menarik dengan persentase 91,43%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...