JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018

Penerapan Direct Instruction Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa: (Studi Korelasional Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi)

Nining Nuraida (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Univeritas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Nina Sawitri (Unknown)
Husni El Hilali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari bukti berapa besar skor hasil belajar psikomotorik siswa, kemudian ingin menjawab pertanyaan seberapa besar pengaruh penerapan Model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dan ingin memperoleh kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh penerapan Model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posttest only control design. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Simple Random Sampling dengan 15 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Dari pengumpulan data yang telah dilakukan diperoleh hasil perhitungan didapat nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,87 dan kelas kontrol 66,73. Kemudian dari data tersebut dilakukan uji “t” didapat dan setelah membandingkan antara dengan ternyata pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau . Dengan demikian Hipotesis alternatif () diterima dan () ditolak. Berarti ada pengaruh antara penerapan Direct Instruction terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...