cover
Contact Name
Muslimahayati
Contact Email
muslimahayati@uinjambi.ac.id
Phone
+6285266067378
Journal Mail Official
jemst.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian KM.16, Muaro Jambi-Jambi, Indonesia Telp/Fax. (0741) 583183 – 584118 Email: jemstftk@uinjambi.ac.id
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
ISSN : -     EISSN : 26141507     DOI : https://doi.org/10.30631/jemst
Core Subject : Education, Social,
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in mathematics education, ethnomathematics, realistic mathematics education, psychology of mathematics education and technology in mathematical instruction Biology Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in biology education, psychology of biology education and technology in biological instruction, and Management of Biology Laboratory Chemistry Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in chemistry education, psychology of chemistry education and technology in chemistry instruction, and Management of chemistry Laboratory Physics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in physics education, psychology of physics education and technology in physics instruction, and Management of physics Laboratory Technology and Information: E-Learning and E-Teaching, Multimedia, Information Technology, Technology of Education
Articles 59 Documents
Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kerinci Rima Meslita
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.427 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i1.2

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa SMAN 1 Kerinci yang kurang memuaskan disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Selain itu, siswa kurang mampu memecahkan masalah, sehingga kemampuan koneksi siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based instruction terhadap kemampuan koneksi matematika, khususnya pada materi trigonometri.Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan problem based instruction sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Setiap kelas dibagi menjadi 2 bagian yaitu siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan rendah, sehingga desain penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2. Data yang dianalisis adalah pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan Anava 2 jalur dan U mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) kemampuan koneksi siswa pada pembelajaran matematika menggunakan problem based instruction lebih tinggi daripada menggunakan metode konvensional. 2) Tidak ada perbedaan kemampuan koneksi siswa yang berkemampuan akademik tinggi dan rendah. 3) Tidak ada hubungan antara hasil pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi siswa.
Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-Nilai Islam Untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah Aty Mulyani
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.41 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i1.3

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran integratif dalam proses pembelajaran Biologi. Pembelajaran integratif ini memadukan pembelajaran Biologi dengan nilai-nilai Islam. Studi dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif untuk dapat mengungkapkan dan menemukan konsep-konsep yang menjadi pokok pikiran utama dalam pembelajaran terpadu.
Motivasi Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam Pembelajaran Fisika hartoyo, zainal
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.056 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i1.4

Abstract

Riset mengenai motivasi belajar fisika mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi) masih sangat terbatas. Padahal riset mengenai motivasi mahasiswa dalam belajar fisika sangat dibutuhkan untuk desain persiapan dan proses pembelajaran. Oleh karena itu, riset ini difokuskan untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa dalam belajar fisika dan perbedaan motivasi antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki. Riset dilakukan dengan cara membagikan angket motivasi fisika kepada mahasiswa Program Studi Fisika yang sudah pernah mengambil matakuliah yang pokok bahasannya mengenai fisika. Angket yang digunakan merupakan angket motivasi fisika yang dikembangkan oleh Glynn dan Koballa. Angkaet tersebut memiliki validitas dan reliabilitas yang baik dan merupakan instrumen yang efisien untuk mengukur motivasi mahasiswa. Hasil riset ini menunjukkan bahwa (1) motivasi siswa dalam belajar fisika termasuk dalam kategori kadang-kadang sampai sering termotivasi, (2) secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki tetapi rata-rata motivasi mahasiswa perempuan lebih tinggi dari mahasiswa laki-laki, dan (3) jika ditinjau dari komponen motivasi, pada setiap komponen motivasi,rata-rata motivasi mahasiswa perempuan lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki.
Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi pada Materi Sintesis Protein dengan Penerapan Model Pembelajaran Role Playing: (Penelitian Perbaikan Proses Pembelajaran) Aulia Ulmillah; Siti Mardiyah; Tia Wulandari; Hesti Riany; Ashif Irfan Yusuf
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.549 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i1.5

Abstract

Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari genetika modern terutama sintesis protein yang mencakup replikasi, transkripsi, dan translasi. Salah satu solusinya adalah penerapan model pembelajaran yang tepat. Model Pembelajaran yang dianggap sesuai yaitu model pembelajaran bermain peran (role playing). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 siklus. Metode pengumpulan data meliputi angket dan lembar observasi sebagai data primer, tes dan dokumentasi sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan secara kualitatif.. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi biologi pada mata kuliah genetika. Rerata persentase pada indikator ketepatan mahasiswa masuk kelas yaitu sebesar 70 % yang menunjukkan tingkat motivasi awal mahasiswa untuk belajar termasuk kategori tinggi. Hasil analisis lembar observasi juga menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa selama pembelarajan tergolong tinggi dengan rerata persentase sebesar 80 % - 90 %. Hasil analisis rerata data tes juga menunjukkan peningkatan yaitu dari 20,73 menjadi 33,10. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar mahasiswa juga akan meningkatkan hasil belajar.
Pengetahuan Metakognitif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Marni Zulyanty
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 1 (2018): JEMST Vol 1 No 1 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.464 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i1.1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Pengetahuan metakognitif merupakan komponen dari metakognisi. Metakognisi merupakan hal penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pengetahuan metakognitif dapat memandu siswa untuk memilih, mengevaluasi, meninjau kembali, dan memutuskan tugas kognitif, tujuan dan strateginya. Menurut NCTM, pembelajaran matematika memiliki lima standar proses dan salah satunya adalah memecahkan masalah matematika. Masalah/soal matematika yang diberikan dapat berupa masalah/soal rutin dan masalah/soal non rutin. Kaitan antara pengetahuan metakognitif dan penyelesaian soal matematika adalah dengan metakognisi siswa dapat memahami bagaimana tugas atau masalah dapat diselesaikan, sehingga pengetahuan metakognitif dapat mempengaruhi seseorang dalam menyelesaikan soal matematika.Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung adalah lembar soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memenuhi indikator pengetahuan metakognitif dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Namun metakognisi setiap siswa berbeda-beda.
Penerapan Direct Instruction Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa: (Studi Korelasional Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi) Nining Nuraida; Nina Sawitri; Husni El Hilali
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.612 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i2.8

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari bukti berapa besar skor hasil belajar psikomotorik siswa, kemudian ingin menjawab pertanyaan seberapa besar pengaruh penerapan Model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dan ingin memperoleh kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh penerapan Model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa kelas X MIA di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posttest only control design. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Simple Random Sampling dengan 15 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Dari pengumpulan data yang telah dilakukan diperoleh hasil perhitungan didapat nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,87 dan kelas kontrol 66,73. Kemudian dari data tersebut dilakukan uji “t” didapat dan setelah membandingkan antara dengan ternyata pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau . Dengan demikian Hipotesis alternatif () diterima dan () ditolak. Berarti ada pengaruh antara penerapan Direct Instruction terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.
Pengaruh Tidak Langsung Prior Achievement terhadap Self-Regulated Learning Melalui Mediasi Self-Efficacy Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Kota Jambi Abul Walid
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.351 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengaruh tidak langsung prior achievement terhadap self-regulated learning melalui mediasi self-efficacy akademik mahasiswa pendidikan matematika. Populasi penelitian ini sebanyak 1.285 mahasiswa pendidikan matematika di tiga perguruan tinggi di Kota Jambi. Sampel dipilih dengan cara purposif bersamaan dengan stratifikasi dua angkatan mahasiswa pendidikan matematika, selanjutnya diambil secara acak 260 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala Likert. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah model persamaan struktural (SEM), analisis faktor konfirmatori (CFA), dan t-test. SEM dan CFA digunakan untuk menguji secara kuantitatif model kausalitas simultan variabel penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung serta menguji apakah konstruk teoretis yang dimodelkan didukung oleh data yang dikumpulkan, sedangkan t-test digunakan untuk menguji secara statistik perbedaan rata-rata skor setiap variabel dilihat dari gender. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model persaman struktural yang dikembangkan sesuai dengan data yang dikumpulkan. Gender berpengaruh terhadap perbedaan setiap variabel. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung prior achievement terhadap self-regulated learning melalui mediasi self-efficacy akademik mahasiswa pendidikan matematika.
Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA Diah Putri Anggun; Heffi Alberida; Ardi -
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.961 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan buletin dalam model pembelajaran aktif tipe ICM terhadap kompetensi kognitif siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa Kelas XI IPA SMA. Sampel adalah Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the static group comparison design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar untuk mengukur kompetensi kognitif yang dilakukan di akhir penelitian. Hasil analisis data pada kompetensi kognitif, didapatkan thitung 1,73 dan ttabel 1,67 dengan demikian thitung > ttabel, berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penggunaan papan buletin dalam model pembelajaran aktif tipe ICM terhadap kompetensi kognitif siswa.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 149/VIII Muara Tebo Jambi Kiki Fatmawati
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.014 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i2.10

Abstract

This research is done due to students’ low activities in learning natural science. The teacher focused on the concepts found in the text book which have to be memorized by the students. As a result, the students’ learning outcomes were low. This research aims to describe the improvement of students’ natural science activities and learning outcomes by using the discovery learning model. The design of the research was class action research using both qualitative and quantitative approaches. The research was done at SDN 149/VIII Muara Tebo. The subjects were twenty four fifth grade students of the school. It is found that the discovery learning model improves students’ activities and learning outcomes. The activities that were observered in this research involved listening, oral, mental, and emotional.the score of the students’ activities increased from 67,12 in cycle I to 81,76 in cycle II. Meanwhile, the improvement of students’ learning outcomes was found from their cognitive score of 60 in cycle I to 71 in cycle II. Their affective score enhanced from 67,90 in cycle I to 75,88 in cycle II. Finally, their psychomotor score increased from 67,72 in cycle I to 75,88 in cycle II. It is concluded that the discovery learning model can be used as one alternative to improve students’ activities and learning outcomes in learning natural science.
Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dan Skala Melalui Pembelajaran Kontekstual Marna Marna; Rusnawanti Rusnawanti
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.715 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang menghubungkan dengan kehidupan nyata. Sehingga proses pembelajaran menimbulkan siswa kurang paham. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kontekstual tentang perbandingan dan skala. Objek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 13 Pangkalpinang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi dan tes formatif. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada pembelajaran pra siklus sebelum menerapkan pembelajaran kontekstual hasil belajar siswa sangat rendah, setelah dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran, melalui pembelajaran kontekstual siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata pada siklus I 72,57 (71,43 %) terdapat 25 siswa tuntas dalam pembelajaran setelah menjalani proses perbaikan pembelajaran dari pra siklus. Pada siklus II nilai rata-rata 87,57 (100% ) terdapat 35 siswa tuntas. Penelitian ini sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala.