Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)


PERBANDINGAN KONSUMSI BAHAN BAKAR (TOTAL BURN-OFF) ENGINE CFM56-7B PADA PESAWAT BOEING 737-800NG DAN ENGINE CFM LEAP-1B PADA PESAWAT BOEING 737 MAX 8

Ardi Putra Indhana (POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA)
Sujanto Sujanto (POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA)
Setiyo Setiyo (POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA)



Article Info

Publish Date
30 Nov -0001

Abstract

Engine CFM56-7B pada pesawat Boeing 737-800NG adalah engine yang paling banyak digunakan oleh maskapai Indonesia. Semakin tumbuhnya industri penerbangan membuat pabrikan pesawat Boeing mengembangkan Boeing 737-800NG menjadi Boeing 737 MAX 8 dengan mengganti engine yang diklaim paling irit yaitu CFM LEAP-1B yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 15% dari engine sebelumnya. Penulis ingin mengetahui konsumsi rata-rata bahan bakar kedua engine CFM56-7B dan CFM LEAP-1B pada penerbangan seperti tujuan dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) menuju bandara Juanda Surabaya (SUB) untuk mengetahui berapa persen pengurangan sesungguhnya dari rata-rata konsumsi bahan bakar berdasarkan Aircraft Flight Log. Dengan melakukan penelitian untuk konsumsi bahan bakar engine CFM56-7B dan CFM LEAP-1B pada pesawat Boeing 737-800NG dan Boeing 737 MAX 8 menunjukan bahwa rata-rata konsumsi serta biaya yang harus dikeluarkan pihak maskapai terhadap bahan bakar yang digunakan pada kedua jenis pesawat tersebut lebih irit dengan menggunakan Boeing 737 MAX 8 dengan perbedaan 12,8% dari jenis Boeing 737-800NG.

Copyrights © 0000