Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran akan perolehan dan diseminasiinformasi dinamika pasar, yang dilakukan oleh UMKM pengrajin alas kaki Ciomas danbagaimana mereka kemudian merespon akan informasi tersebut. Penelitian ini juga bertujuanuntuk menguji kinerja bisnis dari UMKM Ciomas, melalui pengukuran capaian kinerja usahasecara subjektif, dalam perspektif orientasi pasar. Orientasi pasar ini dibentuk oleh tiga konstrukutama, yakni generation, dissemination dan responsiveness terkait informasi pasar.Populasi adalah seluruh UMKM pengrajin alas kaki yang berada di wilayah KecamatanCiomas Bogor, dengan ukuran sampel 100 responden. Sampel penelitian dipilih denganmenggunakan teknik non probabilitas, tepatnya adalah teknik penarikan sampel convenience.Data primer dikumpulkan dengan menggunakan instrument angket dan analisis datamenggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa UMKM Ciomas telah cukup baik dalammenggunakan perangkat teknologi informasi, dalam upaya untuk menghasilkan,mendiseminasikan informasi pasar. UMKM Ciomas juga cukup baik dalam merespon dinamikapasar yang terjadi. Capaian kinerja bisnis dari UMKM Ciomas yang diukur secara subjektif,kinerjanya berhasil dipersepsikan meningkat dibandingkan pada periode sebelumnya.
Copyrights © 2019