cover
Contact Name
Sularso Budilaksono
Contact Email
sularso2007@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sularso2007@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKRA-ITH EKONOMIKA
ISSN : 26544946     EISSN : 26547538     DOI : -
Core Subject : Economy,
This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of economics for management, accounting, marketing, entrepreneurship and development studies. Hopefully the presence of this scientific journal can help in the development and dissemination of ideas, ideas, activities and follow-up in the economic field.
Arjuna Subject : -
Articles 296 Documents
ANALISIS KESIAPAN DESA MEKAR AGUNG KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN LEBAK BANTEN SEBAGAI DESA WISATA SYARIAH Handayani, Tati; Rahmi, Mira
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.195 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi yang dimiliki desa Mekar Agung Kecamatan Cibadaksebagai desa Wisata Syariah dan mengkaji potensi wisata yang cocok untuk desa Mekar Agung KecamatanCibadak sebagai desa Wisata Syariah.Metode penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling, denganmenggunakan masyarakat dan pemuka masyarakat sebagai respondennya. Teknik pengumpulan datamenggunakan motode observasi, wawancara berstruktur, dan dokumen, sedangkan teknik analisis datamenggunakan teknik analisis kualitatif.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Mekar Agung, berupawisata pertanian (wisata agro) dan wisata budaya. Namun kesiapan sebagai kawasan wisata secara fisikmenunjukkan fasilitas, dan infrastruktur kepariwisataan yang dimiliki oleh kawasan masih belum memadai.Kesiapan secara non fisik juga menunjukkan kondisi yang belum siap. Oleh karena itu dalam pengembangannyaperlu strategi, berupa pembangunan sarana fisik maupun non fisik. Untuk dapat menjadi objek wisata pedesaansyariah yang ideal dan mampu bersaing maka dalam pengembangannya perlu strategi berupa pembangunansarana fisik maupun non fisik.
SINERGITAS DESA WISATA DAN INDUSTRI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT Leonandri, Dino; Rosmadi, Maskarto Lucky Nara
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.758 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui sinergitas desa wisata dan industri kreatif dalam meningkatkanperekonomian masyarakat. Objek penelitian adalah desa wisata dan industri kreatif yang ada di KecamatanPasirjambu Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan adalah metode penelitiann kualitatif denganpendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa keberadaan desa wisata berdampakpositif terhadap usaha ekonomi kerakyatan yang ada disekitarnya. Selain itu peran serta dan dukunganpemerintah daerah sangat diperlukan terutama dalam penyediaan infrastruktur jalan yang saat ini masih perluditingkatkan kualitasnya. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat diuraikan bahwa desa wisata Palalangonmemberikan dampak positif bagi destinasi wisata baru dan hal ini sangat mendukung industri kreatif yang sudahada berupa indsutri makanan ringan. Namun demikian masih ada kendala yang perlu mendapat perhatianpemerintah daerah terutama pembinaan cara mengelola desa wisata dan pembinaan terhadap pelaku industrikreatif serta bantuan permodalan dari perbankan. Dari uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa peran pemerintahdan perbankan sangat dibutuhkan bagi pengembangan desa wisata dan industri kreatif agar lebih memiliki dayasaing yang dapat diandalkan bagi masyarakat sekitar.
FAKTOR PENDUKUNG KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ORGANISASI BISNIS Tachyan, Zaenudin; Rosmadi, Maskarto Lucky Nara
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.21 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung karyawan dalam produktivitaskerjanya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Berdasarkan hasilpenelitian, diperoleh data bahwa faktor yang mendukung karyawan meningkatkan produktivitas kerjanya adalahfaktor kompetensi, karir, dan reward (penghargaan). Namun dalam pelaksanaannya faktor-faktor tersebut jugaharus didukung oleh faktor lain, yaitu motivasi kerja yang tinggi serta keahlian dari karyawan yangbersangkutan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah reward hanya diberikan kepada karyawan yang memilikikualitas tertentu yang dibuktikan dengan kinerja yang meningkat. Kendala yang dihadapi oleh manajemenadalah memperoleh sumber daya manusia (karyawan) yang sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis.
PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK ORGANISASI BISNIS Romdonny, Jefry; Rosmadi, Maskarto Lucky Nara
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.961 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran media sosial dalam mendukungpemasaran bola sepak. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptifeksploratif, artinya data yang diperoleh baik dari peneliti, informan kunci maupun data yang ada, kemudiandianalisa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peran media sosial sangat membantu dalam memasarkan produkbola sepak yang diproduksi PT. Sinjaraga Santika Sport Majalengka dan meningkatkan angka penjualan.Keterbatasan pengetahuan dari karyawan akan teknologi informasi serta kesempatan mengikuti pelatihanmerupakan kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha. untuk itu peran dari Pemerintah Kabupaten Majalengkakhususnya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sangat diharapkan terutama dalam memberikan pelatihanserta dapat memfasilitasi dalam memperoleh bantuan dari perbankan.
SUCCESION PLANNING IN A FAMILY BUSINESS; CASE STUDY OF PT. XYZ. Rohmat, Eep Saipul; Ande, Diin Fitri
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.161 KB)

Abstract

ABSTRACTCurrently the majority of private companies in Indonesia is controlled by the family. However,Succession is the most difficult challenge in family business. A bit of a family company that isable to survive up to the fourth generation. Statistics show that the success of leadershipsuccession from first generation to second generation just only around 30%, while the rest (70%)experienced a failure, while the success rate of the second generation to third generation droppedsignificantly to only 7% only (Mangalandum, 2013 ). Thus, the problem of succession becomes anissue that must be reviewed in greater depth in relation to the existence of a family company.This paper analyses the formulation of succession in the family company of PT. XYZ, aconstruction company. From 2005 until 2016, the company management has been doing thesuccession program into the hands of the second generation. Formulation succession in in PT.XYZ is done by analyzing the succession process and the challenges faced by company usingsuccession planning roadmap developed by Clifford and succession planning in the context ofhuman capital planning by Booz Allen. Through an understanding going on in the elements of thesuccession process, the main issues that could potentially be an obstacle in the process ofsuccession can be known.
MANAJEMEN OPERASIONAL MAINTENANCE DAN REPAIR DEPO PETI KEMAS KOSONG: STUDI KASUS PADA PT GNS JAKARTA Kennedy, Posma Sariguna Johnson; Tobing, Suzanna Josephine L.; Hidayat, Tofik Rahman; Toruan, Rutman L.; Fauzan, Arif; Anggunsari, Ratih
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1330.179 KB)

Abstract

ABSTRAKKegiatan bisnis depo peti kemas kosong secara garis besar dibagi dalam 2 (dua) jenis yaitu EquipmentControl (EQC) dan Maintenance & Repair (M&R). Tujuan studi ini adalah ingin mengetahui manajemenkegiatan yang dilakukan di suatu depo peti kemas kosong dalam kegiatan operasional maintenance and repairnya.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan surveylapangan, wawancara dengan pelaku, diskusi, dan telaah literatur-literatur yang berkaitan. Maintenance &Repair Container dalam usaha depo peti kemas tidak kalah pentingnya dengan pelayanan operasional deposeperti bongkar muat, trucking, forwarding dan lainnya. Kecakapan dan keterampilan sumber daya manusia sertaperalatan dalam merawat dan memperbaiki peti kemas harus terus dikembangkan. Perawatan kualitas petikemas harus dilakukan sesuai dengan standar internasional.
MANAJEMEN OPERASIONAL MAINTENANCE DAN REPAIR DEPO PETI KEMAS KOSONG: STUDI KASUS PADA PT GNS JAKARTA Kennedy, Posma Sariguna Johnson; Tobing, Suzanna Josephine L.; Rahman Hidayat, Tofik; Toruan, Rutman L.; Fauzan, Arif; Anggunsari, Ratih
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1378.497 KB)

Abstract

ABSTRAKKegiatan bisnis depo peti kemas kosong secara garis besar dibagi dalam 2 (dua) jenis yaitu EquipmentControl (EQC) dan Maintenance & Repair (M&R). Tujuan studi ini adalah ingin mengetahui manajemenkegiatan yang dilakukan di suatu depo peti kemas kosong dalam kegiatan operasional maintenance and repairnya.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan surveylapangan, wawancara dengan pelaku, diskusi, dan telaah literatur-literatur yang berkaitan. Maintenance &Repair Container dalam usaha depo peti kemas tidak kalah pentingnya dengan pelayanan operasional deposeperti bongkar muat, trucking, forwarding dan lainnya. Kecakapan dan keterampilan sumber daya manusia sertaperalatan dalam merawat dan memperbaiki peti kemas harus terus dikembangkan. Perawatan kualitas petikemas harus dilakukan sesuai dengan standar internasional.
KAJIAN NORMATIF: PENGELOLAAN PERBATAAN DAN KELEMBAGAAN PUSAT-DAERAH BERDASARKAN RENCANA INDUK PENGELOLAAN PERBATASAN NEGARA Johnson Kennedy, Posma Sariguna; L.Tobing, Suzanna Josephine; Toruan, Rutman L.; Tampubolon, Emma; Heatubun, Adolf; Nomleni, Anton
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (892.478 KB)

Abstract

ABSTRAKPenulis ingin menelaah bagaimana rentang kendali kelembagaan dari pusat ke daerah dalam mengelolawilayah perbatasan berdasarkan rencana induk pengelolaan perbatasan negara. Rencana induk pengelolaanbatas wilayah negara dan kawasan perbatasan atau Rinduk adalah rencana pembangunan nasional jangkamenengah 5 (lima) tahun yang memberikan arah kebijakan, strategi, dan program pengelolaan batas wilayahnegara dan pembangunan kawasan perbatasan yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka PanjangNasional atau RPJPN dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN. Metode penelitianpada paper ini menggunakan metode normatif, dimana secara kualitatif ditelaah berbagai regulasi yang terkaitdengan lembaga dan kelembagaan pengelola perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Regulasimengenai kelembagaan (Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang mengatur tata kelola wilayahperbatasan negara sudah ada, namun perlu penguatan kelembagaan yang lebih lagi, pelatihan sumber dayamanusia dan penyediaan dana yang dibutuhkan sesuai dengan prioritas penanganan perbatasan Negara.
Kepuasan Pelanggan terhadap Sepatu Merk Mitra di Kalangan Mahasiswi Politeknik TMKM dengan Metode Kualitatif dan Servqual ., Sukardi
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.837 KB)

Abstract

ABSTRAKDunia saat ini memahami perilaku konsumen dan mengetahui pelanggan tidak pernah sederhana karenapelanggan mungkin mengatakan satu hal tapi melakukan yang lain. Studi tentang perilaku konsumen memungkinkanpemasar memahami dan memprediksi perilaku konsumen di pasar. Pada penelitian ini akan dibahas tentang kepuasanpelanggan terhadap layanan penjual dan kualitas produk sepatu merk Mitra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuikepuasan pelanggan terhadap layanan penjual dan kualitas produk sepatu Mitra di kalangan mahasiswi Politeknik TMKM.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan servqual. Maka dapat ditarik kesimpulan berdasarkanhasil yang telah diketahui yaitu 80 % kualitas pelayanan dan kualitas produk terpenuhi dengan baik. Perhitungan tersebutdiambil dari 30 responden yang masing-masing mengisi 16 butir pernyataan dengan atribut 8 pernyataan harapan dan 8pernyataan persepsi. Penelitian ini menggunakan rumus servqual yaitu persepsi – harapan. Dua dari masing-masing atributmenunjukan hasil kurang baik yaitu mengenai pelayanan saat pembelian dan nama produk atau citra perusahaan. Olehkarena itu, atribut yang memiliki nilai negatif atau kurang baik dapat dijadikan prioritas untuk diperbaiki dibandingkandengan atribut yang memiliki gap lebih kecil.
Analisis Pengaruh Etos Kerja, Hubungan Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasional Berdampak Pada Kinerja Karyawan Pratana, Amelinda; Abadi, Ferryal
IKRA-ITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 (2018): IKRAITH-EKONOMIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2018
Publisher : Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.721 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh etos kerja, hubungan kerja, danpengembangan karir terhadap kinerja karyawan, dengan komitmen organisasional sebagaivariabel intervening. Sumber daya manusia yang baik diperlukan guna mencapai tujuanorganisasi yaitu meningkatkan kinerja untuk mampu bertahan dalam persaingan lingkunganbisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif, denganteknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling – judgment sampling. Data yangdiperoleh kemudian diolah dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasilpenelitian dari sample 152 responden menunjukkan bahwa etos kerja, hubungan kerja, danpengembangan karir secara parsial berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional,sedangkan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Selanjutnya,komitmen organisasional memediasi pengaruh hubungan kerja dan pengembangan karir terhadapkinerja, namun tidak memediasi etos kerja terhadap kinerja. Namun, etos kerja, hubungan kerja,dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja.

Page 1 of 30 | Total Record : 296