IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol 2 No 3 (2019): IKRAITH-EKONOMIKA VOL 2 no 3 Bulan November 2019

ANALISIS PERSONAL INTEREST DAN AWARENESS KONSUMEN DALAM MEMBENTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE

Sastra, Heri (Unknown)
Mulyadi, Mohammad Noorman (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Kajian akan personal interest dan awareness konsumen yang memadukan antarapendekatan subjektif (melalui beragam exposure) dan pendekatan objektif, masih belummendapatkan perhatian dari para peneliti. Penelitian ini berupaya mengisi kesenjangan tersebut,melalui pengukuran ulang yang akan memvalidasi model pengambilan keputusan konsumen,studi kasus pada pengambilan keputusan pembelian konsumen di toko online. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencarian informasi, personal interestdan kesadaran konsumen terhadap pengambilan keputusan konsumen melakukan pembeliansecara online. Populasi konsumen yang telah memutuskan melakukan pembelian melalui tokoonline, termasuk ke dalam populasi tak terbatas atau tak terhingga (infinite population). Sampelpenelitian ini berukuran 197 responden, ditetapkan secara tidak acak, yakni secara conviniencesampling sebagai bagian dari teknik non-probability sampling. Hasil penelitian mengungkapkanbahwa terdapat cukup bukti bahwa terdapat pengaruh positif dari personal interest terhadappengambilan keputusan konsumen. Sedangkan pencarian informasi dan awareness konsumentidak memiliki cukup bukti mampu mempengaruhi pengambilan keputusan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...