Kajian akan personal interest dan awareness konsumen yang memadukan antarapendekatan subjektif (melalui beragam exposure) dan pendekatan objektif, masih belummendapatkan perhatian dari para peneliti. Penelitian ini berupaya mengisi kesenjangan tersebut,melalui pengukuran ulang yang akan memvalidasi model pengambilan keputusan konsumen,studi kasus pada pengambilan keputusan pembelian konsumen di toko online. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pencarian informasi, personal interestdan kesadaran konsumen terhadap pengambilan keputusan konsumen melakukan pembeliansecara online. Populasi konsumen yang telah memutuskan melakukan pembelian melalui tokoonline, termasuk ke dalam populasi tak terbatas atau tak terhingga (infinite population). Sampelpenelitian ini berukuran 197 responden, ditetapkan secara tidak acak, yakni secara conviniencesampling sebagai bagian dari teknik non-probability sampling. Hasil penelitian mengungkapkanbahwa terdapat cukup bukti bahwa terdapat pengaruh positif dari personal interest terhadappengambilan keputusan konsumen. Sedangkan pencarian informasi dan awareness konsumentidak memiliki cukup bukti mampu mempengaruhi pengambilan keputusan.
Copyrights © 2019