Journal of Health Sciences
Vol 7 No 1 (2014): FEBRUARY

PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI TENTANG SEX EDUCATION TERHADAP UPAYA PENGENALAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA PUTRI USIA 16-19 TAHUN (Studi di SMAN 3 Bangkalan)

Esyuananik, Esyuananik (Unknown)
Chamdani, Salwa Nur (Unknown)
Madinah, Ali (Unknown)
Laili, Anis Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2018

Abstract

Media informasi adalah alat bantu dalam menyampaikan informasi. Melalui media tersebut remaja dapat memperoleh informasi tentang sex educationsebagai upaya pengenalan kesehatan reproduksi. Rendahnya upaya pengenalan kesehatan reproduksi pada remaja putri menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan serta untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media informasi tentang sex education terhadap upaya pengenalan kesehatan reproduksi pada remaja putri. Jenis penelitian yang digunakan survey analitik dengan rancangan cross secsional. Populasi yang digunakan adalah 154 remaja putri berusia 16-19 tahun di SMAN 3 Bangkalan dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis menggunakan Spearman Rank Test dengan ? = 0,01 dan ? 0,000. Variabel independen pemanfaatan media informasi tentang sex education, dan variabel dependen upaya pengenalan kesehatan reproduksi. Hasil penelitian didapatkan dari 67 (85,1%) remaja putri memanfaatkan media informasi dengan baik. Dan (16,4%) remaja putri berupaya mengenal kesehatan reproduksi dengan cukup baik. Ada pengaruh pemanfaatan media informasi tentang sex education terhadap upaya pengenalan kesehatan reproduksi pada remaja putri di SMAN 3 Bangkalan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jhs

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal of Health Science) publishing articles with various perspectives, including literature studies and field studies. This journal focus and scope are: Nursing Midwifery Medical Sanitation Public Health Nutrition Medical ...