Journal of Education Action Research
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op

Mantra, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Ketewel di Kelas V yang kemampuan siswanya untuk materi Pelajaran Agama Hindu masih tergolong  rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas V SD Negeri 6 Ketewel tahun pelajaran 2017/2018 melalui pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op. Rancangan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 70,71 pada siklus I menjadi 74,86 dan pada siklus II mengalamipeningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi 79,57.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op, prestasi belajar Agama Hindu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...