Journal of Education Action Research
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Penerapan Pendekatan Kasih Sayang dengan Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu

Matera, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 3 Ketewel. Penelitian Tindakan Kelas ini diupayakan untuk mengetahui apakah pendekatan kasih sayang dengan metode Pembiasaan dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu siswa Kelas V SD Negeri 3 Ketewel. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian ini penulis menggunakan Metode Test pada siswa. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif/ kuantitatif. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis, diperoleh peningkatan hasil dari awalnya baru mencapai Rata-rata 70,5, pada siklus I meningkat menjadi Rata-rata 74,25, dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu mencapai Rata-rata 79,25. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. pada pertemuan awal presentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 45% atau hanya 11 siswa yang tuntas. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 70,00% atau 14 siswa telah tuntas, dan pada siklus II peningkatan ketuntasan belajar siswa cukup signifikan dengan mencapai 95% atau 20 siswa dari 19 siswa telah tuntas dalam mengikuti pembelajaran Agama Hindu. Dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disampaikan simpulan bahwa Pendekatan kasih sayang dengan metode pembiasaan mampu meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas V yang belajar pada Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.  Kata Kunci: Pendekatan Kasih Sayang dengan Metode pembiasaan, Hasil Belajar Agama Hindu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...