Journal of Education Action Research
Vol 3, No 3 (2019): August 2019

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS

Patri, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan menrapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 38 orang. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes dalam bentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Dilihat dari rata-rata prestasi belajar pada refleksi awal terjadi peningkatan pada siklus I dari 64,08 sebesar 9,87 (13,35%) menjadi 73,95 dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 60,53% meningkat sebesar 13,15% menjadi 73,68%. Dilihat dari perbandingan hasil post-test prestasi belajar pada siklus I dan siklus II  terjadi peningkatan sebesar 11,58 (13,54%) dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15,79%. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...